News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Posisi Elon Musk Tergeser, Bos Brand Mewah Louis Vuitton Jadi Orang Terkaya di Dunia

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bos Louis Vuitton Bernard Arnault sukses menggeser posisi Elon Musk yang sebelumnya dijuluki sebagai orang paling kaya di dunia dengan harta kekayaan mencapai 236,5 dolar AS menurut Forbes Real Time Billionaires.

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

RIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Bernard Arnault pemilik brand fashion mewah Louis Vuitton (LVMH) kembali menyandang gelar sebagai orang terkaya dunia versi majalah Forbes dengan total harta mencapai 237,3 miliar dolar AS .

Berkat lonjakan tersebut, Bernard Arnault sukses menggeser posisi Elon Musk yang sebelumnya dijuluki sebagai orang paling kaya di dunia dengan harta kekayaan mencapai 236,5 dolar AS menurut Forbes Real Time Billionaires.

Posisi Elon Musk mulai bergeser turun setelah saham Tesla terus mengalami penurunan hingga mencapai 9,7 persen.

Akibat penurunan itu Musk harta Musk susut jadi 20,3 miliar dolar AS hingga ia kehilangan gelar sebagai orang terkaya di dunia.

Sosok Bernard Arnault

Lahir di Roubaix di utara Perancis pada tahun 1949, Bernard Arnault merupakan lulusan dari sekolah teknik bergengsi di Paris, École Polytechnique.

Sebelum terjun ke dunia fashion, Arnault sempat memulai karirnya dengan memimpin perusahaan konstruksi milik keluarga, Ferret-Savinel pada tahun 1978.

Setelah enam tahun menjabat sebagai pimpinan École Polytechnique, Bernard kepincut untuk mengakuisisi saham Boussac Saint-Freres selaku pemegang aset utama merek fashion Christian Dior.

Baca juga: Profil Singkat 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2023 Ini, Apa Saja Bisnis Mereka?

Lewat pembelian ini, Bernard Arnault berhasil mengembalikannya ke profitabilitas dan memulai strategi untuk mengembangkan perusahaan barang mewah terkemuka dunia.

"Dalam prosesnya, dia menghidupkan kembali Christian Dior sebagai landasan organisasi baru," menurut biografi di situs web LVMH.

Baca juga: Kalahkan Bernard Arnault, CEO Tesla Elon Musk Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia

Tak lama dari itu, Arnault membeli saham pengendali di LVMH pada tahun 1989, dua tahun setelahnya Arnault menjabat sebagai CEO dari Louis Vuitton. Terbukti baru tiga dekade menjabat Arnault sukses mengubah LVMH menjadi pusat kekuatan barang mewah dengan 75 label.

Diantaranya menjual anggur, minuman keras, fesyen, barang kulit, parfum, kosmetik, jam tangan, perhiasan, perjalanan mewah, dan hotel.

Dari sini pundi – pundi harta Kekayaan Arnault melonjak drastis. Tercatat pada tahun 2018, y Kekayaan Arnault naik menjadi 71 miliar dolar AS dari tahun.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini