News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Manfaat CCTV Outdoor di Area Entrance Perusahaan

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi rekaman CCTV

TRIBUNNEWS.COM - Sistem keamanan yang baik sangatlah dibutuhkan di sebuah perusahaan. Ada banyak titik yang harus dipantau setiap saat demi memastikan keamanan kantor dan para karyawan yang bekerja di sana. Salah satunya adalah area entrance perusahaan tempat banyak orang keluar dan masuk. 

Demi memantau keamanan di area entrance sebuah perusahaan, maka CCTV outdoor akan sangat dibutuhkan. Sesuai namanya, CCTV ini merupakan kamera pengaman yang akan dipasang di lingkungan outdoor. Tepatnya perangkat ini akan dipasang di depan bagian entrance dengan tujuan tertentu. 

Manfaat CCTV Outdoor di Titik Entrance Perusahaan

Area entrance memiliki fungsi penting bagi sebuah lingkungan kantor atau perusahaan. Ini merupakan area pintu utama dimana orang-orang yang berkepentingan akan masuk ke lingkungan kantor. Pada beberapa perusahaan area entrance ini berfungsi ganda yaitu tidak hanya untuk masuk namun juga keluar. 

Titik ini membutuhkan penjagaan yang ketat. Selain mengerahkan petugas keamanan, perusahaan juga perlu memasang perangkat CCTV atau kamera pengaman. Berikut adalah beberapa manfaat CCTV outdoor di area entrance sebuah perusahaan. 

  • Menjaga Ketertiban dan Keamanan

Manfaat pertama dari pemasangan CCTV ini tentu saja adalah menjaga ketertiban dan keamanan di area perusahaan. Bagaimanapun juga CCTV merupakan perangkat keamanan yang akan menjaga sebuah lingkungan. Adanya CCTV di area entrance jelas akan sangat membantu menjaga ketertiban dan keamanan di sana. 

Karyawan maupun orang-orang lain yang melewati area entrance akan memahami bahwa ada CCTV yang mengawasi mereka. Hal ini membuat mereka jadi lebih mudah tertib dan akan berusaha untuk tidak melakukan hal-hal yang mencurigakan. 

Apabila terjadi hal-hal yang mengganggu keamanan dan ketertiban, petugas bisa langsung memeriksa rekaman CCTV. Dari hasil rekaman tersebut akan terlihat apa yang menjadi pemicu dan siapa yang bertanggung jawab. Ini akan mempermudah petugas untuk mengembalikan situasi jadi terkendali. 

Baca juga: Kembangkan Solusi Lalu Lintas Cerdas hingga Ekosistem Jalan Tol, TKDN Sinergi dengan Hikvision

  • Mengawasi Orang Masuk dan Keluar

CCTV di area entrance akan membantu mengawasi orang-orang yang masuk ke area kantor. Jika kantor tersebut menerapkan sistem one gate system maka titik ini akan memperlihatkan orang-orang masuk dan keluar. Jadi bisa diketahui siapa saja yang berada di lingkungan kantor dalam periode waktu tertentu. 

Ini akan sangat mempermudah petugas keamanan dalam menjaga ketertiban lingkungan. Petugas bisa tahu siapa saja yang berada di area kantor. Jika ada insiden maka petugas bisa mencari tahu siapa saja orang-orang yang patut untuk dicurigai karena terlihat lewat rekaman CCTV. 

Hal ini tentunya bisa mempermudah proses penyelidikan saat ada sebuah insiden. Apalagi jika hasil rekaman CCTV-nya cukup jelas dan detail sehingga bisa diketahui orang-orang yang masuk maupun keluar. 

  • Mempermudah Kendali saat Ada Insiden

Melalui rekaman CCTV, petugas keamanan bisa selalu memantau situasi setiap saat. Petugas keamanan mungkin tidak bisa bekerja selama 24 jam dan akan berganti shift dengan yang lain. Namun CCTV bisa bekerja 24 jam full dan merekam setiap peristiwa yang terjadi di sebuah lingkungan. 

Jika sewaktu-waktu ada insiden yang terjadi di area entrance perusahaan, maka pengendaliannya akan jadi lebih mudah. Bayangkan saja jika tidak ada CCTV yang merekam kondisi tersebut. Bisa jadi sebuah insiden akan diketahui secara terlambat dan tidak bisa dikendalikan dengan baik oleh petugas keamanan. 

Misalnya saja saat ada perkelahian di area entrance. Begitu insiden tersebut terjadi, petugas bisa langsung mendatangi lokasi kejadian dan mengambil tindakan agar situasi terkendali. Begitu juga apabila terjadi insiden lain yang jika dibiarkan lebih lama bisa merugikan perusahaan itu sendiri. 

Tentunya hal ini bisa menguntungkan pihak perusahaan sekaligus karyawan yang bekerja di sana. Mereka jadi merasa jauh lebih aman dan tentu saja lebih nyaman untuk bekerja. Lebih dari itu, pihak perusahaan juga bisa terhindar dari kerugian besar karena beragam jenis insiden bisa dikendalikan dengan cepat. 

  • Mencegah Tindakan Kejahatan

Fungsi CCTV di area entrance berikutnya adalah untuk mencegah tindakan kejahatan. Keberadaan perangkat CCTV itu saja sudah cukup untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab dan bisa merugikan atau membahayakan orang lain. 

Hal ini semakin efektif apabila perusahaan memberikan tanda atau peringatan bahwa di area tersebut ada CCTV. Pengawasan oleh CCTV ini bisa bekerja efektif memberi efek takut pada orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Terutama bagi orang-orang yang berniat jahat dan ingin merusak ketertiban. 

Bahkan efek ini tidak hanya berlaku bagi orang-orang yang datang ke kantor saat jam kerja. Lebih dari itu, pemasangan CCTV bisa memberi efek takut dan sungkan pada orang-orang yang berkeliaran di area kantor di luar jam kerja. Jadi keamanan di area tersebut akan lebih terjaga dengan baik. 

  • Membantu Kerja Petugas Keamanan

Sudah pasti perangkat CCTV outdoor di area entrance perusahaan akan sangat membantu kerja para petugas keamanan. Bagaimanapun juga petugas keamanan memiliki tanggung jawab besar namun tidak bisa bekerja setiap saat selama 24 jam penuh. 

Adanya CCTV akan membuat petugas keamanan bisa lebih mudah memantau dan melihat situasi. Bahkan para petugas bisa mengawasi area tersebut meskipun mereka tidak berada langsung di sana. Teknologi CCTV zaman sekarang sudah semakin canggih dan hasil rekaman bisa terkoneksi secara real time dengan perangkat mobile. 

Hal-hal semacam ini akan meringankan kerja petugas keamanan dan meningkatkan kewaspadaan mereka. Melalui hasil rekaman CCTV tersebut, petugas keamanan bisa lebih mudah melakukan pemantauan. Jika sewaktu-waktu terjadi sebuah insiden, petugas tidak perlu menunda lebih lama lagi untuk segera mengambil tindakan. 

  • Memberi Data Akurat untuk Perusahaan

Hasil rekaman CCTV di area entrance perusahaan ini akan menjadi data dan arsip yang sangat penting. Semua rekaman tersebut bisa menjadi dokumen yang akan bermanfaat jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Misalnya saja saat terjadi insiden dan harus ada penyelidikan. 

Tidak hanya mempermudah petugas keamanan yang bekerja di perusahaan, hal ini juga bisa mempermudah pihak kepolisian. Jika ada insiden yang kemudian melibatkan kerja kepolisian, maka mereka akan sangat terbantu berkat adanya data rekaman CCTV yang lengkap. 

Dalam hal ini dibutuhkan perangkat CCTV yang benar-benar berkualitas dan bekerja secara efektif. CCTV Hikvision AcuSense jelas menjadi sebuah pilihan tepat. Perangkat CCTV ini bisa bekerja secara optimal di lingkungan outdoor dan dibekali teknologi terbaru yang canggih. 

CCTV Hikvision AcuSense dapat merekam sebuah kejadian secara real time. Hasilnya sangat akurat dan lebih efektif karena menerapkan sistem kategori yang bisa mengenali mana objek manusia, kendaraan, dan objek lainnya. 

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan akurat mengenai produk CCTV outdoor Hikvision AcuSense. Pemakaian perangkat CCTV ini akan bekerja secara optimal dalam memperkuat sistem keamanan di lingkungan perusahaan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini