News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pegiat Literasi Digital Jelaskan soal Bahaya Tersembunyi dalam Pemanfaatan Internet

Penulis: Reza Deni
Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi - dunia maya banyak menyimpan ancaman kejahatan berbahaya yang tersembunyi di balik kemeriahan dan kemewahannya. Untuk itu, penting memahami bahaya tersembunyi dalam memanfaatkan internet.

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pegiat literasi digital Indonesia Moh. Rouf Azizi mengingatkan mengenai manfaat dan bahaya dalam menggunakan internet.

 

Azizi mendorong manfaatkan internet untuk berbuat kebajikan (positif), kreatif dengan tetap menjaga keamanan di dunia maya.

 

Hal tersebut disampaikan Azizi saat menjadi salah satu narasumber dalam webinar literasi digital untuk segmen pendidikan, yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, di Kabupaten Muaro Jambi, Jumat (27/9/2024). 

Baca juga: Dorong Percepatan Transformasi Digital, Pj Gubernur Nana Sudjana Raih Penghargaan dari Askompsi

Dalam diskusi online bertajuk ”Positif, Kreatif, dan Aman di Internet”, Rouf mengatakan, dunia maya banyak menyimpan ancaman kejahatan berbahaya yang tersembunyi di balik kemeriahan dan kemewahannya. Untuk itu, penting memahami bahaya tersembunyi dalam memanfaatkan internet. 

 

 

 

”Bahaya di internet, di antaranya, cyberbullying atau kekerasan dan pelecehan, cyber faud, yaitu informasi hoaks dan penipuan transaksi online, pornografi, perjudian online dan cyber stalking (penguntitan),” jelas Moh. Rouf Azizi dalam diskusi virtual yang dipandu moderator Nabila Amanda Putri itu, dalam keterangannya.

 

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan saat berada di dunia maya, menurut Rouf, aktivitas di internet akan meninggalkan rekam jejak digital, baik itu pasif maupun yang aktif. Jejak digital yang tersimpan di internet bersifat abadi dan tidak mudah dihapus.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini