News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Toyota Terus Gas Kinerja Ekspor Mobil ke Berbagai Negara

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dari data Toyota Indonesia, kinerja ekspor perusahaan sepanjang Januari - Agustus 2024 mencatatkan angka 177.690 unit, jumlahnya turun sekitar 6 persen dari tahun lalu 189.092 unit pada periode yang sama.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) masih terus menarik tuas gas kinerja ekspor mobil-mobil buatannya ke berbagai negara di dunia.

Dari data Toyota Indonesia, kinerja ekspor perusahaan sepanjang Januari - Agustus 2024 mencatatkan angka 177.690 unit, jumlahnya turun sekitar 6 persen dari tahun lalu 189.092 unit pada periode yang sama.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, menyatakan pihaknya masih menargetkan capaian ekspor yang sama untuk tahun ini.

"Target tahun ini sama dengan tahun lalu. Tahun lalu total ekspor T-Brand mencapai 290.772 unit," ungkap Bob Azam, Rabu (9/10/2024).

Baca juga: Bisnis Seret, Toyota Stop Produksi Kendaraan Listrik di AS Hingga 2026 Target Dipangkas 30 Persen

Selama delapan bulan 2024, ekspor kendaraan utuh T-Brand produksi menyumbangkan sekitar 177.690 unit atau berkontribusi 59 persen terhadap total ekspor industri otomotif nasional, yang mencapai 298.691 unit.

Kijang Innova (ICE dan HEV), Veloz, Fortuner dan Yaris Cross (ICE dan HEV) menjadi primadona ekspor dari TMMIN. 

Sementara itu, dua line up kendaraan elektrifikasi Toyota yaitu Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV berhasil diekspor hingga 10.988 unit, atau berkontribusi 6,2 persen terhadap total kinerja ekspor T-Brand.

Sebanyak 6.978 Kijang Innova Zenix HEV dan 4.010 Yaris Cross HEV diterima dengan baik oleh konsumen pasar global di kawasan Asia, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika. 

Bob menyampaikan, mempertahankan kinerja ekspor kendaraan otomotif nasional menjadi fokus TMMIN dengan meningkatkan performa ekspor produk otomotif buatan dalam negeri.

"Melalui langkah pengembangan produk, perluasan pasar dan penambahan volume ekspor untuk memenuhi permintaan global yang semakin kompetitif, salah satunya melalui kendaraan elektrifikasi. Pencapaian positif terhadap kedua varian kendaraan ini, menunjukkan bahwa inovasi teknologi kendaraan elektrifikasi Toyota produksi lokal, diterima dengan baik di pasar internasional," ungkap Bob Azam.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini