News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tour de Java 2016

Dari Ulat Sampai Kain Sutra

Editor: Ade Mayasanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TENUN - Seorang wisatawan sedang menenun kain sutra di Rumah Sutera, Bogor.

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Bagi Anda yang sedang memcari wisata edukasi yang asyik untuk anak-anak, Rumah Sutera yang berada di Bogor ini bisa jadi pilihan. Rumah yang berada di Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor ini memberikan informasi mengenai proses pembuatan kain sutera mulai dari ulatnya.

"Semua prosesnya di sini, dari telur kemudian jadi ulat muda, ulat dewasa, kokon atau kepompong, hingga pupa sempurna," kata bagian administrasi Rumah Sutera, Neneg Agriani, kepadaTribunnewsBogor.com, Rabu (10/2/2016).

Selain peternakan ulat sutera, kokon yang sudah siap juga dipintal dan ditenun di Rumah Sutera hingga jadi kain siap pakai. "Untuk motif batik, kami kerjasama dengan galeri Batik di Cirebon," kata dia.

Pengunjung yang datang ke Rumah Suteran ini, akan diajak melihat semua prosesnya mulai dari perkebunan tanaman murbei yang merupakan makanan ulat, hingga proses tenun. "Ada guidenya juga yang akan memandu pengunjung, dan menjelaskan satu persatu prosesnya," ujarnya.

Setelah melihat proses ulat hingga menjadi kain, pengunjung akan diajak mengunjungi galeri untuk melihat hasilnya yang sudah jadi, mulai dari kain, kerudung, syal, selendang, hingga baju siap pakai. "Untuk biaya kunjungan, kami sediakan paket. Ada paket tour dan makan siang Rp 75 per orang, paket tour dan snack Rp 45 ribu, dan paket tour saja Rp 20 ribu," jelasnya.

Rumah Sutera ini buka sejak pukul09.00-15.00 WIB, setiap Senin-Sabtu. Untuk kunjungan wisata secara rombongan, harus booking dari jauh-jauh hari.

"Jumlahnya minimal 30 sampai 150 orang maksimal, karena kita jaga jangan sampai ulatnya stres kalau terlalu banyak kunjungan," tandasnya.

Untuk menuju ke Rumah Sutera ini, dari Terminal Baranang Siang atau Stasiun Bogor, masuk ke arah Ciapus, lurus terus hingga menemukan Jalan Raya Ciapus. Setelah pertigaan Polsek Tamansari, ambil kanan lurus terus ke arah Highland Park Resort, letaknya ada di sebelah kanan jalan, tepat di seberang Bakso Mas Pri. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini