News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Travel Story

Foto-foto Keren Para Pendaki Gunung yang Sukses Taklukkan Puncak Mahameru di Malang

Penulis: Agung Budi Santoso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Seorang traveler kibarkan bendera merah putih di puncak Mahameru alias Puncak Gunung Semeru, gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Jaya Wijaya di Papua.

TRIBUNNEWS.COM - Inilah foto-foto keren mereka yang sukses taklukkan puncak Mahameru di Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Ya, bagi sebagian pendaki gunung, belum sempurna menjadi seorang pendaki kalau belum taklukkan puncak Gunung Semeru alias Mahameru di Kabupaten Malang.

Karena itu, sepanjang tahun arus pendakian berbahaya ini terus membanjir ke puncak Mahameru.

Meski demikian, jangan terlalu terprovokasi oleh pameo tersebut kalau kondisi fisik tidak memungkinkan.

A photo posted by Okuta Reika (@reikaokuta) on Mar 17, 2016 at 4:14pm PDT


Karena seperti pengalaman Tribunnews.com menggapai puncak Mahameru, ternyata lumayan ngos-ngosan dan cukup berbahaya.

Apalagi dalam perjalanan menuju puncak Mahameru, begitu banyak batu-batu nissan bertulisan nama-nama para pendaki yang meninggal dunia dalam perjalanan menuju puncak.

Satu peringatan bagi para pendaki berikutnya agar ekstra waspada sekaligus banyak berdoa memohon perlindungan Tuhan selama perjalananan.

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci diSumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat[1]. Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan namaJonggring Saloko.

Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Semeru mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.


Posisi geografis Semeru terletak antara 8°06' LS dan 112°55' BT.

Pada tahun 1913 dan 1946 Kawah Jonggring Saloka memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 m hingga akhir November 1973. Disebelah selatan, kubah ini mendobrak tepi kawah menyebabkan aliran lava mengarah ke sisi selatan meliputi daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini