News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Wisata Riau

Asyik Berkuda di Hamparan Pasir Putih 13 Kilometer di Pantai Teluk Rhu di Kabupaten Bengkalis

Editor: Agung Budi Santoso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sungguh asyik berkuda di hamparan pasir putih sepanjang 13 kilometer di Pantai Teluk Rhu di Bengkalis ini. (TRIBUN PEKANBARU/ THEO RIZKY)

Laporan Fotografer Tribun Pekanbaru, Theo Rizky

TRIBUNNEWS.COM, RUPAT UTARA - Pasir putih bersih terhampar sejauh 13 kilometer, di bibir pantainya ditambatkan kapal-kapal motor kayu, milik para nelayan pencari kekayaan laut.

Ada yang melaut pada malam hari, ada juga yang memulai saat pagi ketika matahari menyapa, mengikuti siklus pasang surut air setiap enam jam.

Tempat itu dinamakan Pantai Teluk Rhu, terletak di Desa Tanjung Medang, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis.

Untuk sampai ke lokasi, butuh waktu sekitar tiga sampai empat jam perjalanan setelah menyeberang selama setengah jam dari Pelabuhan Roro Dumai ke Pulau Rupat.


Pantai Teluk Rhu di Bengkalis (TRIBUN PEKANBARU/ THEO RIZKY)

Pantai yang indah dengan berbagai aktivitas nelayan menjadi daya tarik tersendiri, bila berminat, pelancong dapat langsung menawar hasil tangkapan nelayan untuk dibuat ikan bakar, bekal menikmati malam dipinggir pantai.

Salah satu andalannya adalah Ikan Talang, selain gurih, ikan ini juga tidak banyak duri. Cocok disantap beramai-ramai dengan cara dibakar, karena ikan ini biasanya mempunyai berat tiga sampai empat kilogram.

Ingin lebih seru lagi, berbagai hiburan juga ditawarkan, pengunjung bisa merasakan serunya menaiki banana boat atau berkuda menyusuri garis pantai, yang ingin mencoba sensasi berbeda bisa juga melakukan kursus singkat menaiki selancar layar.

Bagi pelancong dari jauh tidak perlu khawatir, disana banyak penginapan-penginapan yang dapat dipilih dengan harga bervariatif.


Peselancar asyik berselancar di sela aktivitas nelayan di Pantai Teluk Rhu di Kabupaten Bengkalis, Riau (TRIBUN PEKANBARU/ THEO RIZKY)

Satu diantaranya adalah Penginapan Mutiara Pantai, posisinya yang berada langsung menghadap ke pantai membuat penginapan ini tidak pernah sepi dari penyewa.

Pemilik penginapan bernama Suratmi menuturkan, biaya sewa untuk satu malam Rp 250 ribu,

"itu yang pakai AC, bila tidak pakai AC, harganya Rp 200 ribu, semuanya sudah termasuk sarapan," kata Suratmi.

Di Rupat Utara, rasanya tidak sah jika tidak menghampiri Pulau Beting Aceh, pulau ini merupakan satu destinasi yang wajib dikunjungi.

Terletak di hamparan Selat Malaka, pulau yang saat normalnya seluas 2,9 hektare itu menyajikan bentangan pasir putih sekelilingnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini