News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.

Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Inilah Manfaat Serai Bagi Tubuh

Penulis: siska meliana
Editor: Samuel Febrianto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNERS - Tanaman serai, merupakan jenis tumbuhan yang mudah didapatkan, dan memiliki banyak manfaat.

Selain untuk bumbu dapur ternyata tanaman ini juga bisa dimanfaatkan salah satunya sebagai bahan minyak yang dikenal dengan sebutan minyak atsiri.

Serai juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Serai dapat digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit. 

Diabetes

Hasil teh serai dapat membantu untuk membersihkan atau detoksifikasi pankreas dan meningkatkan fungsinya, sehingga menurunkan tingkat gula darah pada penderita diabetes.

Anemia

Zat besi yang terkandung dalam daun serai penting untuk sintesis hemoglobin (protein dalam sel darah merah bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh). Serai dapat membantu untuk berbagai jenis anemia, terutama yang disebabkan dari kekurangan zat besi.

Membersihkan bakteri dan infeksi jamur

Kandungan sifat anti-septik dalam serai, minum teh serai dapat membantu untuk menghilangkan mikro-organisme jahat dalam tubuh, detoksifikasi dan membersihkan darah, menghilangkan bakteri, jamur atau ragi.

Sebagai minyak angin

Daun Serai memiliki kandungan minyak atsiri sehingga dapat membantu dalam melakukan tindakan balsamic yang dapat digunakan dalam masalah pada saluran pernapasan.

Secara umum daun serai ini dapat digunakan untuk meringankan gejala yang berhubungan dengan flu dan demam dingin seperti halnya manfaat temulawak untuk menghangatkan tubuh.

Detoksifikasi

Anti-oksidan, anti-septik dan efek diuretik dari serai menjadikannya herbal penting untuk dimasukkan dalam diet saat detoksifikasi.

Proses ini sangat membantu untuk membersihkan dan memurnikan hati, ginjal, kandung kemih, pankreas dan meningkatkan sirkulasi darah. Efek diuretik membantu mengeluarkan racun secara efektif.

Kesehatan pencernaan

Manfaat daun serai yang paling terkenal adalah untuk kesehatan pencernaan, ia mengatur fungsi usus dan motilitas dengan sifat anti-mikroba yang ia miliki.

Zat ini membantu untuk membunuh bakteri jahat dan parasit, dan mengembalikan bakteri baik dalam usus,

sehingga membantu meningkatkan masalah pencernaan seperti gangguan pencernaan, sembelit, diare, kembung usus, perut kembung, kejang perut, muntah dan kram.

Itulah beberapa manfaat tanaman serai bagi kesehatan tubuh. Bagian dari tanaman ini yang bisa dipakai untuk herbal meliputi akar, batang, dan daunnya.

 

 

 

 

Selengkapnya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini