News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.

Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Lantamal V dan Gramedia Sukses Kumpulkan Seribu Kantong Darah

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) bekerjsama dengan Gramedia, sukses mengumpulkan 1.000 kantong darah dalam aksi sosial donor dalam rangka Hari Dharma Samudera 2016 dan HUT ke-46 Gramedia, yang digelardi Mako Lantamal V, Surabaya, Senin (29/2/2016).

Ditulis oleh : Penerangan Lantamal V

TRIBUNNERS - Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) bekerjsama dengan Gramedia, sukses mengumpulkan 1.000 kantong darah dalam aksi sosial donor dalam rangka Hari Dharma Samudera 2016 dan HUT ke-46 Gramedia, yang digelardi Mako Lantamal V, Surabaya, Senin (29/2/2016).

Akasi sosial pengumpulan 1000 kantong darah kali ini bertemakan, “Donorkan Darahmu! Ayo menjadi Pahlawan”, ini dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Drs Saefullah Yusuf atau Gus Ipul, Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, Corporate Communication Director Gramedia Widi Krestawan, Wadan Lantamal V Kolonel Laut (P) Isbandi Andrianto, dan tamu undangan lainnya lainnya.

Acara yang dimulai sejak pukul 07.00 Wib di Lapangan Yos Sudarso, Mako Lantamal V ini terlihat ramai dan meriah, pasalnya dua tenda besar yang dipungsikan untuk rumah sakit lapangan milik RSAL Dr Oepomo, Lantamal V langsung diserbu para pendonor yang diawaki Unit Tranfusi Darah PMI Gresik dan PMI Surabaya.

Kemeriahan lainnya tampak dari tenda-tenda yang dibangun disekeliling lapangan Mako Lantamal V yang dibuat mandiri oleh masing-masing Kotama TNI AL Wilayah Surabaya.

Keberadaan tenda-tenda tersebut tampak asri, rapih dan unik dengan berbagai kreasi dari masing-masing Kotama, pasalnya kreatifitas mereka akan dinilai dalam lomba tampilan tenda terbaik.

Peserta lomba tenda terbaik tersebut berasal dari Koarmatim, Kobangdikal, AAL, Lantamal V, Puspenerbal, Dispesial, Pasmar-1, STTAL, Unit Pelaksana Teknis Mabesal yang berada di Surabaya dan Jalasenastri Korcab V.

Pelaksanana donor darah tersebut, sempat mendapat kunjungan dari Wagub Jatim, Danlantamal V,  Corporate Communication Director Gramedia dan pejabat lainnya bahkan mereka mengunjungi tiap tenda peserta lomba.

“Saya sangat mengapresiasi kerja bareng Lantamal dan Gramedia dalam pengumpulan 1.000 kantong darah ini, mudah-mudahan aksi ini mampu membantu dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan khususnya di Jawa Timur ini,” ujar Gus Ipul.

Sementara itu Danlantamal V mengatakan bahwa Lantamal V sebagai salah satu pangkalan TNI AL memiliki tugas pokok, salah satunya melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahan laut di wilayah kerjanya.

Kegiatan donor darah dengan menggandeng Gramedia ini merupakan salah satu pemberdayaan yang ditujukan untuk kemaslahatan umum, hal tersebut juga merupakan salah satu bentuk dari Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang dimiliki TNI.

"Sebagai prajurit harus merasa terpanggil, megingat dengan memberikan darahnya secara sukarela kepada orang lain adalah salah satu aksi nyata dari jiwa kepahlawanan. Setetes darah begitu berguna bagi sesama yang membutuhkan," kata Rudy sapaan akrab Danlantamal V.

Lantamal V, lanjut Rudy merupakan salah satu titik dari 46 titik donor darah yang digelar Gramedia, dan menjadi titik terbesar dengan target 1.000 kantong darah.

Pelaksanaan di Mako Lantamal ini akan berbeda dari aksi serupa, biasanya acara hanya diisi dengan kegaitan tunggal, pendonor datang, diperiksa, diambil darah lalu selesai, nah kali ini kami buat lain, dalam aksi ini Panitia telah menyiapakan 1.584 calon peserta donor darah yang berasal dari Kotama TNI AL di Surabaya.

Selain lomba tenda, aksi sosial donor darah kali ini juga dimeriahkan oleh beberapa penampilan menarik diantaranya tari remo, atraksi dan simulasi Tim K-9 Pomal Lantamal V dalam membongkar jaringan Narkoba, simulasi penenganan kegawatdaruratan yang dimainkan Rumkit Dr Oepomo Lantamal V, joget komando oleh Kowal Lantamal V, doorprize, dan penyerahan ribuan buku dari Gramedia kepada yang membutuhkan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini