News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.

Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Keindahan dan Cerita Mistis Situs Purbakala Tapurarang

Editor: Samuel Febrianto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, FAKFAK - Situs purbakala Tapurarang yang berada di kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Tempat ini menyimpan banyak keindahan, dan cerita mistis di dalamnya.

Lukisan tebing yang merupakan situs kuno Kokas di Andamata ini peninggalan jaman prasejarah.

Oleh masyarakat setempat, lukisan tebing di bebatuan terjal ini biasa disebut sebagai Tapurarang.

Keunikannya bisa kita lihat dari gambaran telapak tangan manusia.

Meski sudah berabad-abad lamanya, warna yang menggunakan bahan alami itu sampai sekarang tidak pudar, dan masih bertahan hingga saat ini.

Warna merahnya menyerupai darah manusia. Oleh karena itu, masyarakat sekitar menyebutnya dengan lukisan cap tangan darah.

Baca: Deddy Corbuzier Bandingkan Gaya Duduknya dengan Dwayne Johnson, Ototnya Bisa Langsung Terlihat!

Masyarakat setempat menyebut lukisan tebing ini sebagai tempat yang disakralkan. Mereka percaya bahwa, lukisan tersebut sebagai wujud orang-orang yang telah dikutuk oleh arwah seorang nenek yang berubah menjadi setan kaborbor. Yang diyakini sebagai penguasa lautan paling menakutkan.

Konon nenek ini meninggal saat terjadi musibah, sehingga perahu yang ia tumpangi tenggelam. Dari seluruh penumpang perahu tersebut, hanya nenek itu yang meninggal. Dan tidak ada penumpang diatas perahu yang berusaha menolong nenek untuk menyeamatkan diri.

Merasa sakit hati, arwah nenek yang telah berubah menjadi setan kaborbor, mengutuk semua penumpang perahu yang menyelamatkan diri di atas tebing batu. Karena kutukan tersebut, seluruh penumpang dan hasil-hasil laut yang dibawa, seketika berubah menjadi lukisan tebing.

Baca: Ini Alasannya Mengapa Orangtua di Tiongkok Suka Menghukum Anak Pakai Kemoceng

Di lokasi lukisan tebing ini, kita juga dapat menjumpai kerangka tulang manusia. Kerangka tersebut dipercaya sebagai leluhur atau nenek moyang masyarakat Kokas.

Berdasarkan tradisi masyarakat setempat, tulang-tulang tersebut tidak dikuburkan, melainkan meletakkannya di tebing batu, gua, tanjung, ataupun di pohon besar yang dianggap sakral.

Jika air sedang pasang, kita dapat menaiki tebing dan menyaksikan situs purbakala Tapurarang ini dari dekat. Dan sebaliknya, jika air sedang surut, kita hanya dapat menikmati keindahannya dari jauh dan menaiki longboat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini