News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Menengok SDN Paringin Selatan 1 yang Bersiap Menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri

Editor: Mohamad Yoenus
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Banjarmasin Post, Elhami

TRIBUNNEWS.COM, PARINGIN - Pemandangan hijau dan udara sejuk, itulah kesan pertama begitu masuk ke SDN Paringin Selatan 1 yang berlokasi di Komplek Pendidikan Terpadu, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan.

Pepohonan rindang begitu asri ditambah dengan rerumputan yang tebal siap menyambut bagi siapa saja yang berkunjung dan datang ke sekolah tersebut.

Sekolah yang berdiri sejak tahun 2008 ini memiliki segudang prestasi baik tingkat sekolah maupun siswanya, saat ini prestasi tertinggi yang diraih adalah menjadi sekolah adiwiyata nasional.

Bahkan saat ini satu-satunya sekolah di Kabupaten Balangan yang menjadi sekolah adiwiyata nasional adalah SDN Paringin Selatan 1.

Prestasi menjadi adiwiyata kabupaten kemudian provinsi dan nasional membuat sekolah dengan memiliki luas lahan 6.000 hektare lebih ini semakin nyaman, sejuk dan tertata rapi.

Saat ini selain hutan sekolah, juga ada green house, kebun sekolah, serta tanaman berbagai jenis obat memiliki lahan dan tempat sendiri.

Tata ruang kelas dan kenyamanan menjadi perhatian lebih oleh pihak sekolah, terlebih keberadaan bak sampah dengan sistem bak khusus sehingga siswa bisa membuang sampah sesuai peruntukan dan tempatnya.

Halaman yang luas dengan rerumputan membuat siswa nyaman bermain saat istirahat, tak lupa juga pepohonan di sisi kelas tumbuh rindang.

Di samping sekolah juga terlihat sebuah ruangan dan tempat khusus untuk menimbang sampah yakni bank sampah, beberapa siswa aktif melakukan pencatatan dan penimbangan sampah.

Bahkan saat ini sekolah juga telah membuka lahan dibelakang sekolah yakni menanam tumbuhan berbagai jenis, kemudian tambak ikan, namun belum difungsikan.

Belum lengkap, pihak sekolah juga mempunyai ruangan khusus tempat memamerkan hasil karya siswanya, dan juga bio gas dari kotoran sapi serta pembuatan pupuk sistem takakura yang menjadi salah satu persyaratan menuju adiwitaya nasional.

Itulah gambaran SDN Paringin Selatan 1, dan pihak sekolah saat ini tengah sibuk mempersiapkan diri untuk menuju adiwiyata mandiri sebagai puncak prestasi adiwiyata.

Bahkan saat ini pihak sekolah mempersiapkan untuk membangun tugu adiwiyata di depan sekolah sebagai bentuk sebuah kebanggaan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini