News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Surga Belanja Terbaik Menurut Wagub Djarot

Penulis: Lendy Ramadhan
Editor: Mohamad Yoenus
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lendy Ramadhan dan Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat resmi menutup Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2016 di Pasar Mayestik, Jl. Tebah, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (17/7/2016), yang berlangsung sejak 3 Juni.

Festival selama enam pekan tersebut, berhasil mencapai target penjualan ritel Rp 15,74 triliun.

Festival itu diikuti 78 mal atau pusat perbelanjaan di DKI Jakarta.

Dalam penutupan tersebut, Mantan Wali Kota Blitar itu, didampingi Ketua Panitia Pelaksana FJGS 2016 Ellen Hidayat dan Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin.

Mengenakan kaus berkerah motif hijau biru, Djarot sebut festival ini bisa menanamkan kepada masyarakat bahwa surga belanja terbaik dan termurah ada di Jakarta. Sehingga bisa menaikan citra produk dalam negeri.

"Kita ingin menanamkan pada masyarakat Jakarta dan masyarakat Indonesia, bahwa surga belanja terbaik, surga belanja termurah, surga belanja yang betul-betul mengangkat produk-produk Indonesia adalah ada di Jakarta," kata Djarot.

"Kalau kita belanja di dalam negeri artinya kita membantu warga bangsa," tambahnya.

Djarot berharap untuk tahun depan transaksi penjualan bisa lebih meningkat lagi.

Untuk pasar modern diharapkan bisa mencapai Rp 17,5 triliun dan Rp 30 miliar di lokasi penjualan Pasar Jaya.

"Tahun depan lokasi pasar juga harus naik dari 20 pasar menjadi 30 pasar, ini penting untuk menampilkan Jakarta sebagai surga belanja terbaik dan termurah," ucapnya.

Ketua Panitia FJGS 2016 Ellen Hidayat mengatakan dalam pesta diskon besar-besaran selama enam minggu, FJGS 2016 berhasil mencapai target ritel sebesar Rp 15,74 triliun.

Dengan mengusung tema “Shop More, Less Plastic”, kegiatan ini juga mampu meningkatkan jumlah pengunjung ke pusat perbelanjaan hingga 40-50 persen.

“Peningkatan pengunjung terutama dirasakan pada H-10 hingga H+5 Lebaran. Hal ini mengakibatkan target transaksi penjualan retail tercapai. Apalagi 78 mal di Jakarta memberikan diskon hingga 70 persen. Belum lagi ada 24 mal yang mengadakan midnight sale," kata Ellen.

Tidak hanya itu, ada 12 pusat perbelanjan yang menyediakan ruang pameran bagi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI yang menjual produk hasil kerajinan tangan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta melakukan aksi donor darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI) di 34 mal. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini