News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Waktunya Muda Mudi Dapat Wawasan

Lebih Mudah dan Canggih, Ini Tren Teknologi Pariwisata di Tahun 2023 

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bandara Beijing di China.

TRIBUNNEWS.COM- Sejumlah tren teknologi mulai bermunculan dan makin berkembang saat pandemi, termasuk tren teknologi pada industri pariwisata. Kemajuan teknologi ini mulai berkembang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

Perkembangan teknologi ini tentu memudahkan siapapun untuk melakukan apa saja, misal  melakukan pembayaran tanpa kontak, memesan tiket perjalanan lebih efisien, dan menghemat  waktu. Nah, untuk mencoba dan merasakan pengalaman yang efektif dan efisien, berikut tren teknologi pariwisata untuk mempermudah perjalanan yang bisa Anda coba!

1. Bandara makin canggih

Bandara jadi gerbang bagi siapapun yang ingin bepergian ke luar kota maupun ke luar negeri dengan pesawat. Enggak heran kalau pembaruan teknologi akan banyak di bandara. Pastinya teknologi ini akan mempermudah dan mempercepat kerja agar pelanggan merasa aman dan nyaman. 

Mulai dari teknologi yang memungkinkan pelanggan bisa memesan tiket perjalanan secara online dan dapat memilih tempat duduk sesuai keinginan sendiri kini sudah bisa dirasakan. 

Kedepannya, teknologi untuk mempermudah perjalanan ke luar negeri jadi lebih cepat berkat visa elektronik atau e-Visa. Pengajuan visa ini pun juga gampang bikinnya, bisa kunjungi website kedutaan besar yang berkaitan. 

Tak hanya e-Visa, perjalanan udara juga makin cepat dengan adanya verifikasi biometrik atau pemindaian mata dan sidik jari. Perkembangan terakhir, The Transportation Security Administration (TSA) sedang menguji teknologi biometrik ini di 16 bandara. Jadi nggak sabar untuk mencoba teknologi di bandara ini, bukan? 

2. Layanan reservasi hotel real-time

Bagi Anda yang gemar traveling atau kerap melakukan business trip, tentunya akomodasi menjadi hal yang harus diperhatikan. Tak hanya soal kenyamanan, akses untuk mendapatkan penginapan atau hotel juga tak kalah penting. Pasalnya, Anda pasti tak ingin kehabisan kamar saat sedang pergi ke suatu tempat, bukan?

Dengan kemajuan teknologi, Anda sudah bisa memesan kamar hotel yang Anda inginkan hingga ke luar negeri. Kini, Anda sudah bisa melakukan booking penginapan secara online, bahkan secara real-time. Jadi, sembari packing, Anda bisa mencarinya sambil santai di rumah tanpa harus capek-capek pindah satu tempat ke tempat lainnya.

Ada banyak perusahaan akomodasi atau travel agent online dengan fitur yang memudahkan. Misalnya, Anda bisa mencari tempat penginapan dan memiliki opsi untuk melihat jumlah total yang akan Anda bayarkan, termasuk biaya room service. 

Situs web atau aplikasi online ini juga membantu Anda untuk melihat semua fasilitas dan bentuk kamar yang dipesan.

3. Layanan OTT makin menjamur

Layanan over-the-top atau OTT belakangan banyak diakses di manapun. Apalagi, saat melakukan perjalanan jauh yang menghabiskan banyak waktu, di saat itulah pasti Anda akan merasakan bosan. Karena enggak bisa melakukan banyak hal layaknya sedang di rumah, Anda bisa berlangganan layanan OTT untuk killing time.  

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini