Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Harga BBM Naik Pengusaha SPBU Tidak Merasa Rugi

Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) tak merasa dirugikan dengan

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Harga BBM Naik Pengusaha SPBU Tidak Merasa Rugi
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) tak merasa dirugikan dengan adanya pembagian harga BBM subsidi. Ketua Umum Hiswana Migas, Eri Purnomohadi justru mendukung kebijakan pemerintah tersebut.

Eri mengatakan pihaknya tidak merasa dirugikan baik dari pendapatan. Selama SPBU yang menyediakan BBM bersubsidi tersedia di pelosok daerah, Hiswana Migas terus memajukan industri migas dalam bidang SPBU.

"Nggak mengurangi pendapatan, yang penting di daerah daerah masih ada BBM subsidinya," ujar Eri di kantor Kementerian Dalam Negeri, Selasa (16/4/2013).

Alasan Hiswana Migas tidak merasa dirugikan karena pembagian skema SPBU yang menyediakan BBM bersubsidi penuh masih lebih besar daripada SPBU yang BBM bersubsidi telah dinaikan harganya. Dalam pembagiannya Eri menjelaskan 45 persen untuk pihak Hiswana Migas dan 55 untuk SPBU yang BBM bersubsidi naik harganya.

"Kami tidak keberatan, para pengusaha menyambut dengan baik namun bisa di implementasikan menjadi 45:55," ungkap Eri.

Eri menilai keuntungan yang diambil pihaknya masih dari angkutan umum dan sebagian kendaraan pribadi yang tak dikenakan kenaikan harga BBM bersubsidi

"Jadi pengguna plat kuning separuh plat hitam separuh, teman-teman pengusaha prinsipnya oke," jelas Eri.

BERITA REKOMENDASI

Saat ini Pemerintah berencana membagi harga BBM bersubsidi jenis Premium menjadi dua jenis. Jenis pertama harga BBM yang masih Rp 4500 ditujukan untuk motor dan angkutan umum, sedangkan harga kedua lebih mahal, karena ditujukan untuk mobil pribadi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas