Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pemerintah Akan Bagi-bagi Uang Mirip BLT

Pemerintah menyiapkan kompensasi kepada masyarakat saat harga BBM bersubsidi dinaikkan.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Ade Mayasanto
zoom-in Pemerintah Akan Bagi-bagi Uang Mirip BLT
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Petugas mengisi bahan bakar minyak jenis premium, di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Coco, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2013). Pemerintah berencana menaikkan harga BBM bersubsidi karena diperkirakan konsumsi pada 2013 akan naik dibanding tahun 2012, dari 45 juta kl membengkak menjadi sebesar 49 juta kl. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hasanuddin Aco

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah menyiapkan kompensasi kepada masyarakat saat harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dinaikkan. Bantuan yang akan diberikan pemerintah kepada masyarakat miskin antara lain beras miskin (raskin), bantuan bagi siswa miskin (BSM), program keluarga harapan (PKH), yang jumlahnya ditambah. Selain itu pemerintah akan memberikan bantuan dana tunai kepada rakyat miskin.

"Ada bantuan cash (uang tunai alias bagi-bagi uang)," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik di Jakarta, Senin kemarin.




Menurutnya bantuan langsung itu mirip BLT atau bantuan langsung tunai yang diberikan dulu oleh pemerintahan SBY sebelum Pemilu 2009. Bantuan ini dianggap banyak pihak sebagai bagi-bagi uang menjelang Pemilu saat itu. Bagaimana Wacik menanggapinya?

"Yang penting jangan ada pikiran ini akan dijadikan alat politik. Kalau perlu nanti saat menyerahkan pakai bendera parta masing-masing," kata Wacik.

Sementara itu Menko Kesra Agung Laksono menegaskan kalau BLT diputuskan maka harus ada tambahan anggaran dalam APBN-Perubahan 2013.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas