Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kenaikan BBM Bersubsidi Beri Peluang Bagi Perantara Rumah Bekas

Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi memberikan celah bagi naiknya harga properti.

Penulis: Arif Wicaksono
Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Kenaikan BBM Bersubsidi Beri Peluang Bagi Perantara  Rumah  Bekas
www.homesforsaleinpalmdaleca.com

TRIBUNNEWS.COM JAKARTA - Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi memberikan celah bagi naiknya harga properti. Lambat laun properti akan naik dan ini menjadi celah yang dimanfaatkan broker properti. Pengembang rumah second akan bisa mengambil keuntungan dari kenaikan harga properti.

"Sebenarnya broker sangat berpeluang. Karena kenaikan BBM dalam biaya bangunan itu akan paling berpengaruh terhadap perumahan yg belum dibangun. Sedangkan untuk perumahan sekunder, tidak terpengaruh langsungg karena sudah di bangun. Di situlah peluang bagi broker untuk memasarkan rumah second" kata Oka M Kauripan, Direktur LJ Hooker Indo, salah satu broker properti, kepada tribun di Jakarta, Rabu (19/06/2013).

Peluang yang bisa dimanfaatkan adalah menjual rumah second karena harga tanah masih mengacu harga lama. Sedangkan kenaikan harga rumah baru  untuk properti akan mengacu kepada kenaikan bahan baku semen dan transportasi.

"Jadi kita bisa ambil disitu karena komponen berpengaruh itu harga bahan baku, sedangkan yang lainnya mengikuti, jadi memang ini celah yang dimanfaatkan broker rumah second," katanya.

Alhasil dengan kenaikan harga BBM bersubsidi harga rumah second menjadi lebih bersaing dengan rumah baru karena itu semakin banyak permintaan untuk rumah second ketimbang dengan rumah baru.

"Permintaan pasti ada namun peluangnya lebih besar karena adanya kenaikan bagi rumah second tidak setinggi dengan rumah yang baru," katanya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas