Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Oktober, Sriwijaya Air Tambah Dua Rute ke Papua

Maskapai Sriwijaya Air ‎siap menerbangi dua rute baru ke wilayah timur Indonesia yaitua Makassar-Timika dan Makassar-Merauke.

Editor: Sanusi
zoom-in Oktober, Sriwijaya Air Tambah Dua Rute ke Papua
TRIBUN/DANY PERMANA
Pesawat milik maskapai penerbangan nasional Sriwijaya Air tinggal landas meninggalkan Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Minggu (26/5/2013). 

‎Laporan Wartawan Tribun Timur, Hajrah

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Maskapai Sriwijaya Air ‎siap menerbangi dua rute baru ke wilayah timur Indonesia yaitua Makassar-Timika dan Makassar-Merauke. Rencananya, dua rute baru tersebut baru beroperasi pada 4 Oktober 2013.

Sri Budiyanto, District Manager Sriwijaya Air‎ Makassar, mengatakan dua rute terbaru tersebut merupakan ekspansi bisnis Sriwijaya ke wilayah Timur yang diproyeksikan memiliki tingkat keterisian (load factor) cukup positif.

Untuk menerbangi rute barunya tersebut, Sriwijaya bakal mengoperasikan armada Boeing 737-800 NG dengan kapasitas kursi 176. "Kami tetap mengedepankan layanan executive class,"jelas Budi, (24/9/2013).

Melalui penambahan rute ini Sriwijaya juga turut menambah frekuensi penerbangan ke Jakarta dan Jayapura sebanyak empat dan lima kali dari sebelumnya hanya tiga dan empat kali dari Makassar.

Nam Air

Sementara itu, Maskapai Nam Air, anak usaha Sriwijaya Air bakal memulai penerbangan perdananya pada 1 Oktober 2013. Rencana tersebut lebih cepat dari target sebelumnya yaitu pada awal 2014.

BERITA TERKAIT

"Nam Airlines akan dapat menjembatani kepulauan di Indonesia dalam hitungan jam," kata Chandra Lie, Presiden Direktur Sriwijaya Air kepada Bangkapos.com (Tribunnews.com Network), Kamis (19/9/2013).

Menurut Chandra, untuk penerbangan perdana NAM Airlines akan dimulai 1 Oktober 2013 dari Soekarno Hatta ke Bandara Depati Amir, Pulau Bangka.

Agus Soedjono, Corporate Secretary Sriwijaya Air, mengatakan Surat Izin Usaha Penerbangan (SIUP) Nam Air sudah dirilis oleh Kementerian Perhubungan, sedangkan Air Operator Certificate (AOC) maskapai juga masih proses dan dipastikan sudah keluar sebelum 1 Oktober 2013.

Nantinya, Sriwijaya Air bakal memegang AOC 121, yaitu sertifikat yang diberikan kepada maskapai yang mengoperasikan pesawat berkapasitas di atas 30 tempat duduk (seat).

"1 Oktober Joyflight, dan 2 Oktober mulai melakukan penerbangan komersial. Rute pertama yaitu Jakarta-Bangka," kata Agus.

Nam Air diproyeksikan menjadi pengumpan (feeder) bagi maskapai Sriwijaya Air yang bakal menerbangi rute-rute seperti Labuan Bajo, Ende, Larantuka, dan Rote. Untuk sementara Sriwijaya Air bakal menggunakan empat unit armada Boeing 737-500 winglet sebagai syarat kelengkapan keluarnya AOC dari Kemenhub.

Sebagai informasi, hingga saat ini Sriwijaya Air memiliki 38 pesawat dengan 41 kota tujuan dan tiga rute diantaranya adalah rute internasional yaitu Singapura, Penang, dan Malaysia.

Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas