Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kebijakan Subsidi Disesuaikan dengan Beban APBN

Wakil Menteri Keuangan RI, Bambang Brodjonegoro, mengungkapkan kebijakan pengelolaan anggaran akan lebih kepada usaha menyesuaikan

Penulis: Arif Wicaksono
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kebijakan Subsidi Disesuaikan dengan Beban APBN
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Seorang petugas menata uang pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu yang sudah dikemas dalam kantung plastik masing-masing Rp 1 miliar yang akan dikirimkan ke sejumlah bank di Gedung Bank Indonesia (BI), Jalan Braga, Kota Bandung, Selasa (3/9/2013). Bank Indonesia memutuskan untuk menaikkan kembali suku bunga dengan acuan BI rate ke level 7 persen dari sebelumnya di angka 6,5 persen, menyusul melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Àrif Wicaksono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan RI, Bambang Brodjonegoro, mengungkapkan kebijakan pengelolaan anggaran akan lebih kepada usaha menyesuaikan beban subsidi dengan APBN.

"Kebijakan subsidi akan menyesuaikan dengan APBN, jadi mengenai subsidi akan kita upayakan agar tidak memberatkan APBN," jelas Bambang di Jakarta, Senin (20/1/2014).

Ia menegaskan kebijakan subsidi harus membuat anggaran lebih sustainable. Karena anggaran dipengaruhi oleh beban subsidi yang besar.

"Karena kalau anggaran itu sangat dipengaruhi dengan ketidakpastian besaran subsidi, akan susah mengelolanya jadi ini yang akan kita perhatikan," jelasnya.

Lalu apakah ada kemungkinan menurunkan subsidi? Ia enggan menjawabnya karena menurutnya akan tergantung pembahasan dengan DPR.

"Kan masih dibahas di DPR, apalagi jelang Mei akan ada legislatif baru, pembicaraan mengenai subsidi akan ditentukan mereka," jelasnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas