Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Minyak Kelapa Sawit Terus Diekspor untuk Kepentingan Pribadi

Kelompok diskusi pengusaha energi Bimasena, menjelaskan masih banyak minyak kelapa sawit yang diekspor demi keuntungan pengusaha

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sanusi
zoom-in Minyak Kelapa Sawit Terus Diekspor untuk Kepentingan Pribadi
Sawit 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kelompok diskusi pengusaha energi Bimasena, menjelaskan masih banyak minyak kelapa sawit yang diekspor demi keuntungan pengusaha. Padahal negara sedang krisis dan membutuhkan biodiesel dari minyak kelapa sawit.

"Kita memerlukan energi yang tersedia, tapi kebanyakan diekspor," ujar Pemimpin group Bimasena Subroto, Jumat (21/3/2014).

Subroto menjelaskan, pihaknya sedang memikirkan bagaimana minyak kelapa sawit biodiesel bisa digunakan di dalam negeri. Pasalnya pemerintah sendiri sudah mengatur dalam UU agar biodiesel dicampur ke solar dan avtur.

"Crude palm oil (CPO) diproduksi sebanyaknya dipakai dalam negeri. Dipakai untuk campuran minyak nabati untuk solar," ungkap Subroto.

Mantan Menteri Pertambangan dan Energi tersebut mengungkapkan, dari 30 juta ton produksi minyak kelapa sawit dalam negeri, hanya 7 juta ton yang digunakan untuk biodiesel. Sedangkan 23 juta ton pengusaha mengekspor untuk meraup keuntungan sendiri.

"Yang diperlukan untuk keperluan dalam negeri hanya diberikan 7 juta ton," jelas Subroto.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas