Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Holcim Tawarkan Buyback ke Pemegang Saham yang Tolak Merger

PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) akan memberikan kesempatan bagi para pemegang saham yang tidak setuju

Editor: Hendra Gunawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --  PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) akan memberikan kesempatan bagi para pemegang saham yang tidak setuju atas rencana merger perseroan agar menjual sahamnya.

Dalam keterangan resmi perseroan, manajemen Holcim bilang, harga pembelian kembali saham SMCB dibanderol Rp 2.407 per saham. Harga ini berpedoman pada aturan yang berlaku, yakni harga rata-rata penutupan perdagangan Bursa Efek Indonesia selama 90 hari sebelum pengumuman resmi pertama perseroan.

Manajemen SMCB telah menerbitkan rencana merger ini pada 4 April 2014 lalu. Harga buyback itu lebih rendah dari harga terakhir saham Holcim diperdagangkan pekan lalu. Pada penutupan perdagangan Jumat (23/5), saham SMCB ada di level Rp 2.685 per saham.

Seperti diketahui, SMCB akan merger dengan dua anak usaha, ya itu  PT Bintang Polindo Perkasa (BPP) dan PT Wahana Transtama. SMCB akan menjadi entitas yang menerima penggabungan.

BPP merupakan perusahaan yang memproduksi barang setengah jadi milik Holcim selama lima tahun terakhir. Operasional BPP dilakukan oleh karyawan Holcim. Sedangkan, kegiatan usaha WT telah dihentikan sejak 2006  dan tidak lagi memiliki aset yang material.

Keberadaan BPP menimbulkan transaksi antar perusahaan seperti biaya operasional dan perjanjian pinjaman. Transaksi-transaksi tersebut menimbulkan beban adiministrasi yang tidak perlu dan kewajiban pajak tambahan.

Demi mengurangi transaksi antar perusahaan dan biaya-biaya administrasi, maka merger dinilai langkah yang pas untuk efisiensi.

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas