Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Ahok TetapTolak Adhi Karya Bangun Monorel

Tawaran PT Adhi Karya melanjutkan proyek pembangunan monorel Jakarta ditolak Ahok

Ahok TetapTolak Adhi Karya Bangun Monorel
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Tiang pancang untuk pembangunan Monorel di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, tampak mangkrak 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-- Tawaran PT Adhi Karya melanjutkan proyek pembangunan monorel Jakarta ditolak Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Alasan penolakan tersebut dikarenakan perusahaan plat merah menawarkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk ikut berinvestasi dalam proyek tersebut.

"Dari pada kita investasi di situ, kita lebih cenderung ingin (perusahaan) properti yang bangunkan," ucap pria yang akrab dipanggil Ahok tersebut saat ditemui di Balai Kota, Jakarta, Kamis (30/10/2014).

Ahok sebelumnya sempat kagum dengan kesiapan PT Adhi Karya. Hal tersebut dikarenakan selain Adhi Karya sebagai perusahaan BUMN, perusahaan tersebut pun berani memutuskan apabila proyek monorel tidak berhasil dibangun tepat waktu maka seluruh properti yang sudah ada bisa disita.

"Selama dia (Adhi Karya) tidak mewajibkan kami membeli dan dia berani kalau tidak selesai seluruh bangunan akan kami sita, ya boleh-boleh saja," ujarnya.

Meskipun demikian Ahok tetap memberikan ruang kepada PT Adhi Karya terlibat dalam proyek pembangunan Monorel asal perusahaan BUMN tersebut bisa menyesuaikan dengan kesepakatan.

Sebelumnya PT Adhi Karya akan fokus membangun tiga koridor yang menurut analisa Adhi Karya paling membutuhkan angkutan massal, ketiga rute tersebut diantaranya Bekasi-Cawang, Cibubur-Cawang, dan Cawang-Kuningan.

Hasil kajian ditemukan 67 persen kemacetan di Jakarta bermuara dari arus lalu lintas Cikampek, Bekasi, hingga ke Cawang serta dari tol Jagorawi hingga Jakarta.

Berdasarkan analisa tersebut, Adhi Karya berencana membangun monorel dengan rute Kuningan-Cawang-Bekasi Timur dan Cawang-Cibubur sepanjang 52 kilo meter dengan perkiraan akan menghabiskan dana Rp 8,4 triliun.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas