Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

INACA Minta Pemerintah Berikan Insentif Lebih untuk Penerbangan Perintis

INACA meminta pemerintah untuk melindungi maskapai yang melayani sejumlah rute perintis di sejumlah daerah.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sanusi
zoom-in INACA Minta Pemerintah Berikan Insentif Lebih untuk Penerbangan Perintis
dok
Pesawat Susi Air jenis super pilatus 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) meminta pemerintah untuk melindungi maskapai yang melayani sejumlah rute perintis di sejumlah daerah. Sebab penerbangan perintis mampu membantu masyarakat di sejumlah daerah untuk memiliki akses keluar dari daerahnya.

Wismono Nitihardjo, Ketua Peneliti INACA, menyarankan pemerintah agar melindungi penerbangan perintis yang berniat membuka akses ke wilayah pelosok. Salah satu caranya yaitu penerbangan perintis harus diberi insentif lebih oleh pemerintah.

"Penerbangan untuk rute remote area harus dilindungi," ungkap Wismono, Rabu (12/11/2014).

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan telah menyetujui kontrak penerbangan perintis senilai Rp 350,039 miliar untuk 170 rute perintis di seluruh Indonesia.

Dari dana subsidi sebanyak itu, sebagian besar dipergunakan untuk subsidi operasi maskapai yaitu sebesar Rp 329,85 miliar. Sedangkan sebanyak Rp 20,18 miliar untuk subsidi angkutan bahan bakar minyak dengan total 6.010 drum.

Data dari Kementerian Perhubungan disebutkan, subsidi itu sesuai Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara KP.438 tahun 2013 tentang rute dan Penyelenggara Subsidi Angkutan Udara Perintis serta Penyelenggara Subsidi Angkutan BBM tahun anggaran 2014.

Sedangkan operator penerbangan yang ditunjuk adalah PT Asi Pudjiastuti (Susi Air), Aviastar, Trigana Air Service, Nusantara Buana Air dan Marta Buana Abadi.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas