Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Analis: Sentimen Pelemahan Rupiah Masih Terjaga

Analis PT Monex Investindo Futures, Zulfirman Basir melihat penguatan rupiah beberapa hari ini masih bersifat sementara.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Analis: Sentimen Pelemahan Rupiah Masih Terjaga
ist
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Analis PT Monex Investindo Futures, Zulfirman Basir melihat penguatan rupiah beberapa hari ini masih bersifat sementara. Sehingga, rupiah perlu mencatatkan level penutupan harian yang semakin rendah untuk melanjutkan momentum penguatan.

"Sentimen pelemahan rupiah masih terjaga. Rupiah akan diperdagangkan di kisaran Rp 12.420 hingga Rp 12.475 untuk hari ini," kata Zulfirman, Jakarta, Selasa (22/12/2014).

Dari sisi fundamental, kata Zulfirman, penguatan dolar AS semalam dapat menggerogoti kinerja rupiah di awal sesi Asia. Dolar AS menguat semalam, seiring kenyakinan investor Federal Reserve akan mulai menaikkan suku bunganya pada 2015.

"Meski demikian, investor masih terlihat waspada mencermati perkembangan ekonomi global di tengah minimnya event hingga akhir tahun 2014," ucapnya.

Menurutnya, pasar juga akan mencermati hasil voting parlemen Yunani nanti malam yang dapat turut mempengaruhi sentimen risiko. Di lain pihak, serangkaian data AS nanti malam termasuk durable goods orders, GDP, dan penjualan rumah juga akan mendapatkan perhatian.

"Karena dapat turut menentukan seberapa solidnya pemulihan ekonomi Paman Sam yang akan turut mempengaruhi ekspektasi pasar atas outlook kebijakan moneter AS," ujarnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas