Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pemerintah Jamin Takkan Ada Petral Berikutnya

Sudirman Said menegaskan tidak akan ada PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral) berikutnya.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sanusi
zoom-in Pemerintah Jamin Takkan Ada Petral Berikutnya
googleimage

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menegaskan tidak akan ada PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral) berikutnya.

Setelah proses audit investigasi Petral, anak usaha PT Pertamina (Persero) yang berada di Singapura dan Hong Kong akan resmi dibubarkan tanpa ada kelanjutannya lagi.

"Banyak pihak menilai 'Ah paling mau dibuat rumah, saya dan bu Rini (Menteri BUMN) menjamin tidak akan terjadi, betul-betul likuidasi," ujar Sudirman di kantor Kementerian BUMN, Rabu (13/5/2015).

Sudirman memaparkan jika ingin masuk ke pasar internasional, pemerintah akan meminta Pertamina membuat lembaga baru yang bebas dari unsur Petral yang terdahulu. Dalam badan yang baru tersebut, Sudirman ingin seluruh pegawai dan sistem bersih dari Petral yang akan dibubarkan.

"Kalau perlu untuk masuk market harus dibuat entitas baru orang baru dengan good governance," ungkap Sudirman.

Hal senada disampaikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno bahwa semua aset Petral akan dikembalikan kepada Pertamina. Pemerintah akan mengawasi audit investigasi Petral, agar tidak ada secara sengaja membuat sistem baru seperti Petral.

"Asetnya pindah ke Pertamina. Tidak ada yang akan menyiapkan perusahaan baru menggantikan Petral," tegas Rini.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya diberitakan Tribunnews.com, mulai hari ini Petral resmi dibekukan. Seluruh aset akan diaudit kembali hingga April 2016, lalu Petral resmi dibubarkan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas