Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Laju Rupiah Dapat Tebus Rp 13.900 Per Dolar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS diperkirakan masih akan mengalami tekanan

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Laju Rupiah Dapat Tebus Rp 13.900 Per Dolar AS
Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com
Lucky Bayu Purnomo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS diperkirakan masih akan mengalami tekanan hingga akhir September 2015, akibat adanya kabar kenaikan suku bunga Amerika Serikat (The Fed) dan devaluasi mata uang Tiongkok.

"Rupiah bisa menembus level Rp 13.900 per dolar di akhir September 2015, rencana kenaikan Fed fund rate kan September," ujar Analis LBP Enterprise Lucky Bayu Purnomo di Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Saat ini kurs tengah Bank Indonesia mencatat, rupiah di level Rp 13.747 atau mampu menguat dari hari sebelumnya Rp 13.758 per dolar AS.

Menurut Lucky, agar rupiah tidak mengalami pelemahan semakin dalam yang menganggu perekonomian dalam negeri, maka Bank Indonesia harus melakukan intervensi di pasar uang.

"Lakukan intervensi, cadangan devisa memang nanti menurun tapi ini kan jangka pendek saja (menurun). Ini untuk kebaikan jangka panjang," ujar Lucky.

Sementara dari sisi pemerintah, kata Lucky, pelemahan rupiah dapat dimanfaatkan untuk menggenjot ekspor dan menekan impor.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas