Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Amerika Saja Tidak Selalu Ekonomi Terbuka, Indonesia Kapan Tertutup?

Presiden Jokowi tetap mewarisi kebijakan ekonomi terbuka dari para pendahulunya.

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Amerika Saja Tidak Selalu Ekonomi Terbuka, Indonesia Kapan Tertutup?
Tribunnews/Dany Permana
Ichsanuddin Noorsy (kanan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Ekonomi Ichsanuddin Noorsy mengkritisi kebijakan ekonomi yang ditempuh Pemerintahan Joko Widodo.

Menurut Noorsy, Presiden Jokowi tetap mewarisi kebijakan ekonomi terbuka dari para pendahulunya.

Kata Noorsy, walau pemerintahan berganti, panggung kekuasaan ekonomi politik tetap sama.




"Kita kan ekonomi terbuka, di situ salahnya," kata Noorsy dalam diskusi bertajuk 'Catatan RAPBN 2016' di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (15/8/2015).

Menurut Noorsy, kebijakan ekonomi terbuka sebenarnya jarang ditetapkan di dunia walau di negara-negara Barat sekalipun atau yang negaranya maju.

Noorsy membeberkan Presiden Amerika Serikat Obama, Perdana Menteri China Xi Jinping atau Kanselir Jerman Angela Merkel tidak serta-serta menerapkan ekonomi terbuka.

"Mereka juga nggak sekonyong-konyong ekonomi terbuka. Ada saat kapan mereka terbuka, kapan tertutup. Indonesia kapan tertutupnya?" kata dia.

BERITA TERKAIT

Hal senada juga diungkapkan anggota DPR RI dari Komisi XI Zulkieflimansyah. Menurut Zul, presiden Indonesia boleh berganti namun kebijakan ekonominya tetap sama.

Zul mengkritik pemerintah yang tidak sepenuhnya tidak melindungi industri dalam negeri. Padahal, kata dia, perekonomian yang berasis industri mampu bertahan di tengah goncangan ekonomi.

"Sekarang kan ekonomi kita ekonomi terbuka. Itu agent of economy development yang utama bukanlah Pemerintah tapi industri dan private sector. Pemerintah punya tugas beri karpet merah pada industri sehingga bisa bermanfaat," kata Zul.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas