Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

BRI Gunakan Microchip untuk Kartu Multifungsi Pegawai

Pelaksanaan less cash society diharapkan dapat diperluas seperti dapat digunakan pegawai dalam mengakses layanan

zoom-in BRI Gunakan Microchip untuk Kartu Multifungsi Pegawai
(Tribunnews/Hendra Gunawan)
Bank Rakyat Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menggunakan teknologi microchip untuk penerbitan kartu multifungsi pegawai Kementerian Keuangan.

Sekretaris Perusahaan BRI, Hari Siaga mengatakan, kartu multifungsi ini, bisa digunakan sebagai kartu ATM, kartu Brizzi dan kartu akses.

“Pada tahap awal, KIM ini diberlakukan di Lingkungan Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu RI. Untuk selanjutnya, akan dikembangkan ke seluruh Kanwil DJPBN dan KPPN seluruh Indonesia serta ke seluruh unit kerja dan jaringan e-channel BRI, “ujar Hari di Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Upaya Kementerian Keuangan RI dan Bank BRI bersinergi dalam implementasi kartu identitas pegawai menjadi KIM, merupakan bentuk implementasi program less cash society yang tengah digalakkan oleh pemerintah saat ini.

Pelaksanaan less cash society diharapkan dapat diperluas seperti dapat digunakan pegawai dalam mengakses layanan Asuransi Kesehatan, Asuransi Ketenagakerjaan, Tabungan Pensiun, serta akses data kepegawaian.

Pada sisi lain, secara konseptual KIM juga dapat menjadi model dalam penyaluran bantuan sosial secara non-tunai dengan menggunakan kartu identitas.

Sebagai kartu ATM, KIM dapat digunakan untuk bertransaksi perbankan di 156.096 unit EDC dan 21.685 ATM BRI, yang termasuk dalam jaringan ATM Bersama, ATM Link, ATM Prima.

BERITA TERKAIT

Sebagai Kartu Debit, KIM dapat digunakan untuk penarikan tunai, transfer, pembayaran listrik, telepon, tiket, top up uang elektronik, pembayaran kartu kredit, dan lain sebagainya, serta dapat pula digunakan untuk berbelanja di merchant-merchant terkenal yang tersebar di seluruh Indonesia dan juga di koperasi dan kantin di lingkungan Kementerian Keuangan.

Sementara sebagai kartu uang elektronik BRI, BRIZZI dapat digunakan sebagai alat bayar isi ulang, untuk membeli tiket Trans-Jakarta, dan tiket Commuter Line.

KIM nantinya juga akan digunakan sebagai satu-satunya access card yang digunakan apabila akan memasuki gate atau gerbang di area Kementerian Keuangan RI. (Sylke Febrina Laucereno)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas