Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Irendra Radjawali, Desainer MATA, Drone Murah Menangkan Kompetisi Wismilak DSC 2015

Pria asal Bandung yang akrab dipanggil Radja ini mendapatkan dana hibah Rp 500 juta

Penulis: Hendra Gunawan
zoom-in Irendra Radjawali, Desainer MATA, Drone Murah Menangkan Kompetisi Wismilak DSC 2015
Tribunnews.com/Eko Sutriyanto
Ilustrasi:Penerima penghargaan Wismilak 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Irendra Radjawali desainer MATA (Mesin Terbang Tanpa Awak) berhasil menjuarai Kompetisi Wismilak DSC 2015 – Diplomat Success Challenge.

Pria asal Bandung yang akrab dipanggil Radja ini mendapatkan dana hibah Rp 500 juta untuk merealisasikan ide bisnisnya.

Radja yang pernah mendapat beasiswa ke Perancis (2005) dan Berlin (2008) untuk belajar S3 mengenai Ekologi Politik mengerjakan beberapa proyek pemetaan kawasan di Kalimantan. Saat itulah ia melihat kebutuhan untuk bisa memanfaatkan drone yang terjangkau.

Ia kemudian banyak belajar dari youtube dan membeli bahan bahan dari e-bay. Drone buatannya maksimal bisa dipasarkan seharga Rp 15 juta hingga Rp 20 juta. “Padahal di pasaran harganya bisa mencapai Rp 350 juta,” ujarnya, Rabu (23/12/2015).

Selain Radja, ada 3 orang runner-up, yakni Dodick Zulaimi Sudirman (29) dari Tangerang yang mengembangkan game digital berbasis indie, I Gede Fredy (22) dari Denpasar dengan tas etnik modern bermerek Mahanata Bag, serta Cretta Cucu Abdullah (32) dari Yogyakarta dengan ide memproduksi microphone.

Para runner-up juga mendapatkan dana hibah, masing-masing sebesar Rp 250 juta.

“Berbeda dengan program kompetisi wirausaha lain, kami memberikannya dalam bentuk hibah, karena kami melihat start-up business masih didominasi mereka yang sudah siap modal. Sementara banyak yang memiliki ide bisnis bagus dan potensial namun terhambat permodalan, inilah yang ingin dijembatani oleh DSC,” ujar Surjanto, ketua program Wismilak DSC.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas