Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kementerian ESDM Akan Beri Insentif Investor Sektor Energi

Selama ini kontraktor dibebankan banyak jenis pajak dari pemerintah, padahal mereka baru dalam tahap eksplorasi tanpa ada kejelasan akan menghasilkan

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Kementerian ESDM Akan Beri Insentif Investor Sektor Energi
TRIBUNNEWS/Adiatmaputra Fajar
IGN Wiratmaja Puja 

Laporan Wartawan Tribunnews Adiatmaputra Fajar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anjlognya harga bahan bakar minyak hingga sempat menyentuh anglaka 30 dollar AS per barel, membuat pengusaha migas baik lokal maupun asing, tidak melakukan eksplorasi.

Direktur Jendera Migas Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja mengatakan kondisi ini membuat Kontraktor Kontrak Kerja Sama (K3S) tidak bisa mengembangkan usahanya.

Kondisi ini mendorong pemerintah membuat insentif baru untuk mndorong semangat para kontraktor.

Misalnya, penghapusan pajak bumi dan bangunan (PBB) selama masa eksplorasi. Satu insentif lagu sedang disiapkan pemerintah yakni penghapusan pajak-pajak lainnya dan perpanjangan masa eksplorasi.

"Kalau kita beri insentif yang bagus, produksi kita minimum datar," ujar Wiratmaja di kantor Ditjen Migas, Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Selama ini kontraktor dibebankan banyak jenis pajak dari pemerintah, padahal mereka baru dalam tahap eksplorasi tanpa ada kejelasan akan menghasilkan atau tidak.

BERITA REKOMENDASI

"Kontraktor paling berat dibebankan dari pajak," jelas Wiratmaja.

Wiratmaja menambahkan terobosan insentif lainnya adalah cost recovery untuk kontraktor yang memiliki banyak wilayah kerja.

Biasanya dana talangan yang dibayarkan pemerintah hanya berlaku untuk satu wilayah saja, namun usulan tersebut bisa untuk banyak lapangan migas.

"Contohnya Total di Blok Mahakam, tapi kalau nanti dia punya wilayah kerja di Irian bisa dapat cost recovery juga," papar Wiratmaja.

Dari data Kementerian ESDM produksi sumur migas mengalami penurunan sampai 20 persen per tahun. Hingga kuartal I 2016, baru ada 10 sumur baru yang ditemukan kontraktor.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas