Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Diperlukan Sinergi Koperasi dan UKM

LLP-KUKM akan mengembangkan koperasi dan UKM dari berbagai sektor bisnis seperti fashion, handicraft, furniture, kain dan kuliner.

Diperlukan Sinergi  Koperasi dan UKM
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
ILustrasi UKM - Pekerja tengah mencampur bumbu balado dengan singkong goreng kering di sentra usaha kecil menengah (UKM) milik shirley di Kota Padang, Sumatera Barat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ajang Creativity Day  yang diadakan di Galeri Indonesia WOW bertema SME Eco-System, Minggu (29/5/2016) kemarin,  menjadi ajang insan kreatif dan produktif berkumpul.

Tema ini menekankan pentingnya ekosistem dalam satu komunitas bersinergi mendorong meningkatkan produktivitas dan keuntungan produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) dan bisa menjawab persoalan masyarakat akan tingginya tingkat pengangguran di tanah air.

"SME Eco-System ini secara bebas dapat diterjemahkan sebagai salah satu bentuk usaha yang elemen di dalamnya saling berinteraksi satu sama lain dan saling berbagi sumberdaya dengan tujuan untuk dapat mengembangkan network atau lingkungan itu sendiri," jelas Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM, Ahmad Zabadi di Jakarta dalam keterangan pers, Senin (30/5/2016).

Ia memberikan contoh UKM batik yang tentunya dapat bersinergi dengan pemasok bahan pembuat batik serta bersinergi dengan perusahaan kargo untuk transportasi produknya.

Dengan demikian, sinergi di antara mereka dipercaya dapat memotong biaya operasional dan meningkatkan produktivitas.

"Indonesia sebenarnya menyimpan beragam potensi bisnis yang dapat bersinergi dan melakukan praktek simbiosis mutualisme. Sayangnya, belum semua potensi tersebut dikembangkan secara maksimal sehingga masing-masing UKM bekerja sendiri-sendiri," kata Ahmad Zabadi.

Karenanya, LLP-KUKM sebagai institusi yang menaungi Galeri Indonesia WOW, mengembangkan koperasi dan UKM dari berbagai sektor bisnis seperti fashion, handicraft, furniture, kain dan kuliner.

LLP-KUKM juga mengajak para pelaku usaha untuk bersinergi dengan pelaku usaha lainnya.

"Sinergi antara UKM satu dengan lainnya mampu meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Bekerja sama dalam situasi yang kondusif sangat menguntungkan para pelaku usaha. Karena itu, lebih banyak jaringan lebih baik," tambah Ahmad Zabadi.

Selain fashion show produk Galeri Indonesia WOW, event ini juga menampilkan tarian tradisional Japan, musisi indie label, talkshow, dan training pembuatan proposal bagi UKM.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas