Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Relaksasi LTV Bantu Percepat Program Pembangunan Sejuta Rumah

"Masyarakat yang akan membeli rumah dengan fasilitas KPR juga turut diuntungkan dengan relaksasi ini karena uang muka akan lebih kecil."

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Relaksasi LTV Bantu Percepat Program Pembangunan Sejuta Rumah
Tribunnews.com/Adiatmaputra Fajar
Direktur Utama Bank BTN Maryono 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -‎ PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) menyambut baik rencana kebijakan Bank Indonesia yang akan kembali melakukan relaksasi loan to value (LTV).

"Memang benar selama ini LTV mempunyai tujuan positif untuk mengendalikan laju pertumbuhan kredit dan sangat bermanfaat dalam mengintervensi harga properti," kata Direktur Utama BTN, Maryono, Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Menurut Maryono, relaksasi LTV nantinya akan mendorong pertumbuhan kredit dan langkah ini pun ‎mempercepat pemenuhan program sejuta rumah pada 2016, yang ditargetkan dapat memberikan pembiayaan untuk 570 ribu unit rumah.

"Masyarakat yang akan membeli rumah dengan fasilitas KPR juga turut diuntungkan dengan relaksasi ini karena uang muka akan lebih kecil," ucapnya.

Di sisi lain kebijakan ini, kata Maryono, akan menggerakkan pembangunan perumahan oleh pengembang karena permintaan masyarakat akan rumah terus bertumbuh dan akhirnya menjadi mata rantai bagi bergeraknya bisnis pembangunan perumahan.

"Semua sektor terkait bisnis pembangunan perumahan akan bergerak, sehingga ‎pembiayaan perumahan itu berdampak pula terhadap GDP (gross domestic product) dan itu menjadi nadi bagi ekonomi bangsa," tutur Maryono.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas