Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PGN Bangun SPBG dan MRU Di Bandung

Perusahaan Gas Negara (Persero) membangun stasiun pengisian bahan bakar gas dan pengisian bahan bakar gas berjalan di Bandung.

Editor: Sanusi
zoom-in PGN Bangun SPBG dan MRU Di Bandung
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Petugas tengah mengisikan gas ke bajaj di Stasiun MRU IRTI, Monas, Jakarta Pusat, Selasa (27/1/2015). Pemprov DKI Jakarta berencana akan menambah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) di Jakarta pusat, untuk mengurai antrian pengisian gas yang semakin hari semalkin bertambah terutama Bajaj. Warta Kota/angga bhagya nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) membangun stasiun pengisian bahan bakar gas dan pengisian bahan bakar gas berjalan di Bandung.

Hal ini untuk mendorong penggunaan bahan bakar gas bagi kendaraan.

Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso mengatakan pembangunan stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) dan pengisian bahan bakar gas berjalan (mobile refueling unit/MRU) dapat mendorong penggunaan bahan bakar gas untuk kendaraan mulai dari kendaraan dinas hingga bus sekolah.

Pada tahap awal, PGN akan menyiapkan fasilitas mobile refueling unit (MRU) berkapasitas sekitar 0,3 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) di Terminal Antapani, Bandung.

"Kami akan mendorong angkutan kota, kendaraan dinas, sampai bus pelajar dan kendaraan lainnya bisa beralih dari BBM ke gas bumi yang ramah lingkungan serta efisien," ujarnya, pekan lalu.

Selain SPBG dan MRU, ujar Hendi, pihaknya akan membagikan secara gratis konverter kit ke 20 angkutan umum di Bandung. Alhasil, pengemudi kendaraan umum bisa merasakan manfaat BBG.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki cadangan gas bumi yang cukup banyak, bahkan sampai saat ini masih diekspor.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu, keunggulan dari BBG berupa CNG, nilai oktannya (RON) mencapai 120, sementara bensin hanya RON 88-95, sedangkan LGV/LPG (liquefied gas for vehicle) tingkat oktannya mencapai 98.

Sedangkan harga BBG untuk 1 liter setara premium (LSP) masih Rp 3.100, sehingga selain ramah lingkungan, dan baik bagi kendaraan, juga memberikan penghematan bagi penggunanya.

Saat ini PGN telah mengoperasikan 5 unit SPBG dan menyalurkan gas bumi ke 14 SPBG mitra, serta mengoperasikan MRU di beberapa lokasi seperti di IRTI Monas, Waduk Pluit dan Gresik.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas