Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Penguatan Hak Pemanfaatan Kawasan Tingkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Hutan

Bisnis kehutanan diyakini masih bisa terus berkembang sebagai motor pertumbuhan ekonomi nasional.

Editor: Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bisnis kehutanan diyakini masih bisa terus berkembang sebagai motor pertumbuhan ekonomi nasional.

Untuk itu dibutuhkan kebijakan yang kondusif serta pengakuan bahwa kehutanan mampu menjadi sektor unggulan strategis.

Hal itu terungkap dalam Seminar Nasional "Membangun Optimisme Investasi Sektor Kehutanan Di Tengah Perlambatan Ekonomi" di Jakarta, Kamis (15/9/2016).




Seminar diselenggarakan dalam rangka Rapat Kerja Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) tahun 2016.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofjan Djalil saat menyampaikan pidato kuncinya menyatakan, salah satu kebijakan yang perlu dipertimbangkan adalah pemberian hak kepemilikan dalam pemanfaatan kawasan hutan.

"Perlu review kebijakan mendasar terhadap pemanfaatan hutan, dengan pemberian akses hak kepemilikan," kata Sofjan.

Penegasan hak ini, kata Sofjan, akan memperkuat akuntabilitas perusahaan dalam menjaga arealnya, sehingga meminimalkan konflik lahan dan mendorong tanggung jawab yang lebih besar dari pemegang izin.

BERITA TERKAIT

Sofjan melanjutkan, investasi kehutanan memerlukan kepercayaan investor.

"Kejelasan hak, akan meyakinkan sektor perbankan dan lembaga pinjaman untuk mengucurkan kreditnya, yang sangat diperlukan sektor kehutanan untuk bangkit kembali," ujar Sofjan.

Pemberian hak kepemilikan terhadap hutan memang harus melewati jalan panjang karena perlu merevisi Undang-undang No 41 tahun 1999 tentang Kehutanan.

Namun Sofjan menyatakan, Pemerintah saat ini memiliki komitmen yang kuat untuk membawa perubahan.

"Sektor kehutanan selayaknya memanfaatkan momentum ini. Kalau ada Undang-undang dan kebijakan yang memang harus diubah, harus didorong untuk out of the box ," kata Sofjan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pokja Pangan, Agro Industri, dan Kehutanan Komite Ekonomi dan Industri Nasional Benny Pasaribu menekankan pentingnya percepatan Road Map Kehutanan untuk mendorong industri kehutanan sebagai industri prioritas.

Benny menyatakan, selain menyediakan produk kayu untuk kebutuhan pembangunan, hutan juga bisa menyediakan produk pangan dan wisata.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas