Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Hore, Jalur Kereta Api Jogja - Magelang Akan Diaktifkan

Nantinya perjalanan kereta api akan dilanjutkan ke objek wisata Borobudur agar mendorong industri pariwisata.

Hore, Jalur Kereta Api Jogja - Magelang Akan Diaktifkan
Tribun Jogja/Hendra Krisdianto
Stasiun Tugu Yogyakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Kementerian Perhubungan berencana mereaktivasi kembali lintas kereta api non operasi Yogyakarta-Magelang yang telah berhenti beroperasi sejak tahun 1978.

Nantinya KA akan dilanjutkan ke Borobudur agar mendorong industri pariwisata.

Untuk memacu reaktivasi tersebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek langsung sejumlah titik lokasi perlintasan KA yang ada saat ini serta alternatif titik perlintasan KA Yogyakarta - Magelang.

Budi menyatakan, reaktivasi jalur lintas KA Yogyakarta - Magelang akan dilanjut sampai ke Borobudur dalam upaya untuk lebih mendorong kunjungan wisatawan khususnya ke Candi Borobudur di Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

"Rencana reaktivasi ini untuk supaya (candi) Borobudur lebih laku," kata Budi dalam keterangan resminya, Selasa (8/11/2016).

Candi Borobudur di Jawa Tengah termasuk dalam titik destinasi wisata yang diutamakan selain Danau Toba di Sumatera Utara dan Mandalika di Pulau Lombok.

Namun persoalan aksesibilitas transportasi menjadi suatu kendala yang dihadapi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur.

Karena itu, Kementerian Perhubungan tengah mencarai cara agar ada aksebilitas secara integrated tergabung dengan titik-titik daerah wisata yang ada.

Misalnya, ada kereta api bisa ke Candi Borobudur, Solo, Jogja dengan frekuensi yang tinggi sehingga turis punya banyak pilihan. Bahkan ke depan, Solo-Yogya-Borobudur akan diintegrasikan dengan Semarang yang memiliki wisata bahari.

Namun Budi menilai upaya reaktivasi perlintasan KA Yogyakarta – Magelang ini menjadi persoalan yang tidak mudah mengingat sudah banyak bangunan-bangunan di sekitar rel.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas