Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Perusahaan Pembiayaan Diimbau Cari Sumber Pendanaan Lewat Obligasi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berharap industri perusahaan pembiayaan mencari sumber pendanaan melalui penerbitan obligasi.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Perusahaan Pembiayaan Diimbau Cari Sumber Pendanaan Lewat Obligasi
THE AFRICA CHANNEL
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berharap industri perusahaan pembiayaan mencari sumber pendanaan melalui penerbitan obligasi, guna mengurangi ketergantungan pada perbankan.

"Sumber pendanaan multifinance lebih banyak bergantung pada perbankan, sebesar 70 persen berasal dari pinjaman ke bank," ujar Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Nonbank (IKNB), Edi Setiadi dalam acara "Indonesia Multifinance Consumer Choice" di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Menurut Edi, sejuah ini jumlah perusahaan pembiayaan yang menerbitkan surat utang atau obligasi masih sangat terbatas, namun dalam waktu kebelakangan ini sudah mulai banyak melirik pembiayaan lewat pasar modal.

"Trennya mulai meningkat, tapi memang multifinance tidak bisa dibandingkan dengan industri perbankan. Aset multifinance hanya sebesar 6,5 persen dari total aset perbankan," papar Edi.

Edi mengatakan, OJK akan terus mendorong perusahaan pembiayaan untuk meningkatkan kontribusi terhadap PDB, menciptakan kinerja keuangan yang sehat dan mampu mendorong inklusi keuangan.

"Kami yakin nantinya multifinance bisa membiayai sektor industri dan pertanian," kata dia.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas