Tribun Bisnis

Ditawari Gabung Lagi ke OPEC, Indonesia Ajukan Syarat Ini

"Benar, kita di tawarkan kembali ke OPEC dan kita sudah mengirimkan surat. Sedang di internal OPEC," kata Arcandra Tahar

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Choirul Arifin
Ditawari Gabung Lagi ke OPEC, Indonesia Ajukan Syarat Ini
THE HINDU BUSINESS LINE
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) kembali mengajak Indonesia bergabung dengan organisasi negara-negara pengekspor minyak tersebut.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya  Mineral (ESDM)  Arcandra Tahar menuturkan, saat ini pemerintah sudah mengirimkan surat tanggapan kepada OPEC terkait tawaran tersebut.

"Benar, kita di tawarkan kembali ke OPEC dan kita sudah mengirimkan surat. Sedang di internal OPEC," kata Arcandra Tahar saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM,  Jumat (7/7/2017).

Arcandra tahar menyebutkan Pemerintah Indonesia meminta jika kelak bergabung kembali, Indonesia tetap dapat menerapkan strategi yang kini sedang dijalankan untuk meningatkan produksi minyak.

Tujuannya, agar Indonesia tidak perlu memotong volume produksi minyaknya seperti yang selama dilakukan negara lain yang tergabung di OPEC terkait dengan strategi harga minyak mentah yang dijalankan organisasi tersebut.

"Intinya harus jalan dengan strategi kita, dulu mengundurkan diri kaena strategi yang tidak sejalan. Kita kan mau meningkatkan produksi, tapi ada kebijakan cut off. Jadi kita ingin, ke depan hal ini diberikan pengecualian," pungkas Arcandra Tahar.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas