Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kenali Biaya-biaya yang Harus Anda Keluarkan Jika Menggunakan Uang Elektronik

Biaya pembelian perdana kartu uang elektronik adalah biaya yang dikenakan ketika kita pertama kali membeli kartu uang elektronik

Kenali Biaya-biaya yang Harus Anda Keluarkan Jika Menggunakan Uang Elektronik
TRIBUN JATENG/SUHARNO
Presiden Joko Widodo memperlihatkan kartu E-Toll Card dari balik kaca mobilnya usai meninjau rencana pembangunan jalan tol Trans Jawa di Gerbang Tol Salatiga, Senin (25/9/2017). Pada kesempatan tersebut, Jokowi meresmikan jalan tol Semarang - Solo seksi III Bawen - Salatiga yang memiliki panjang 17,5 kilometer. (TRIBUN JATENG/SUHARNO) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tak lama lagi pembayaran uang tol berpindah ke nontunai. Tak ada lagi gerbang tol yang menyediakan pembayaran bea masuk tol dengan uang tunai.

Ini seiring dengan minat masyarakat bertransaksi memakai alat transaksi nontunai mulai dari kartu debit, kartu kredit, uang elektronik atau e-wallet, yang semakin meningkat dari hari ke hari.

Untuk transaksi memakai uang elektronik saja, data Bank Indonesia mencatat sampai akhir Juli 2017 nilainya telah menembus Rp5,9 triliun.

Sedangkan jumlah peredaran uang elektronik mencapai 70 juta kartu di seluruh Indonesia.

Perkembangan e-money ini diperkirakan akan semakin cepat seiring dengan kian banyaknya transaksi-transaksi yang menyediakan kanal nontunai.

Bahkan beberapa transaksi justru diwajibkan memakai uang elektronik, seperti pembayaran tarif jalan tol tadi (mulai akhir Oktober).

Bertransaksi memakai uang elektronik boleh dibilang lebih praktis. Namun, kemunculan biaya-biaya terkait transaksi perlu mendapat perhatian para nasabah agar terhindar dari pengeluaran yang tidak perlu.

Juga, supaya transaksi e-money tetap membawa nilai kepraktisan.

Berikut ini daftar biaya yang perlu kita perhatikan bila bertransaksi memakai uang elektronik atau nontunai:

1. Biaya pembelian kartu uang elektronik perdana (starter pack)

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas