Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

4 Cara Mudah Kumpulkan Modal Memulai Bisnis

Meski tidak memiliki uang dan dana yang cukup, banyak cara yang bisa dilakukan untuk kumpulkan uang demi memulai sebuah bisnis.

4 Cara Mudah Kumpulkan Modal Memulai Bisnis

Meski tidak memiliki uang dan dana yang cukup, banyak cara yang bisa dilakukan untuk kumpulkan uang demi memulai sebuah bisnis.

Bisa dimulai dapatkan pinjaman dari “bank saudara” atau meminjam dengan teman atau sanak keluarga atas dasar kedekatan, hingga mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga finansial.

Ya, kebutuhan modal sudah jadi masalah umum yang dihadapi seseorang ketika berbicara tentang memulai bisnis atau mengembangkannya.

Tidak heran bila uang yang dibutuhkan nilainya hingga puluhan atau ratusan juta hingga miliaran, maka seseorang pun bisa dengan rela mengajukan pinjaman uang dengan agunan atau menjaminkan asset seperti kendaraan atau properti.

Nyatanya, terdapat rute-rute lain yang bisa Anda lakukan ketika ingin dapatkan modal usaha disamping cara yang telah disebutkan tadi. Berikut adalah cara alternatifnya.    

1. Urun dana

Istilah urun dana ini lebih sering dikenal dengan sebutan crowdfunding. Langkah ini merupakan salah satu cara mengumpulkan dana paling populer untuk dilakukan untuk saat ini.

Walau masih belum banyak yang belum melakukannya dan tidak seterkenal di luar negeri, namun langkahnya terbukti efektif untuk dapat mengumpulkan dana dalam jumlah besar. 

Di Indonesia sendiri sudah banyak yang mendukung dan membuka peluang untuk kegiatan ini. Berdasarkan data yang ada, sudah banyak banyak situs crowdfunding yang diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia. Sebut saja seperti KitaBisa, Wujudkan, AyoPeduli, Crowdtivate dan GandengTangan.

Bahkan, cara crowdfunding juga dapat menarik perhatian para investor yang berasal dari perusahaan ekuitas swasta (private equity), di mana mereka pun sebenarnya telah memiliki situs crowdfunding sendiri.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas