Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kembangkan Bisnis, Pelindo I Gandeng 16 BUMN dan Swasta

Pelindo I (Persero) bersinergi dengan 16 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta untuk mengembangkan bisnis

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
zoom-in Kembangkan Bisnis, Pelindo I Gandeng 16 BUMN dan Swasta
Warta Kota/Alex Suban
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pelindo I (Persero) bersinergi dengan 16 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta untuk mengembangkan bisnis, serta meningkatkan pelayanan di industri maritim.

"Adanya kerja sama ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi perseroan dan BUMN lainnya dalam rangka pengembangan usaha," ujar Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Menurut Bambang, perseroan berencana membelanjakan dana sebesar Rp 18 triliun untuk periode 2015 hingga 2017 untuk pengerjaan sejumlah proyek diantaranya, pembangunan terminal peti kemas Belawan senilai Rp 6 triliun yang akan dikerjakan dalam dua tahap.

Kemudian, Pelindo I akan mengembangkan terminal multipurpose di Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara dengan nilai investasi Rp 4 triliun.

"Perseroan juga akan kembangkan terminal peti kemas keperintisan serta modernisasi peralatan untuk bongkar muat petikemas di Aceh, Sibolga, dan Tanjung Pinang, kemudian Pelabuhan Kuala Enok dibangun untuk melayani langsung kegiatan ekspor minyak sawit dan batu bara ke India," tutur Bambang.

Diketahui, 16 BUMN dan swasta yang bekerjasama dengan perseroan yaitu PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) akan mengembangkan Pelabuhan Kuala Enok, Pelabuhan Batu Ampar, Batam, dan Terminal Petikemas Pelintung.

Kemudian, kerjasama dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) berencana kembangkan bisnis properti, ‎selanjutnya dengan PT Pengusahaan Daerah Industri Pulau Batam (Persero) untuk kembangkan kawasan pariwisata di Tanjung Pinggir Batam.

BERITA REKOMENDASI

Untuk pengembangan pemasaran pelayanan jasa pemanduan di perairan Selat Malaka Selat Singapura, perseroan bekerjasama dengan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) dan PT Djakarta Lloyd (Persero).

Sementara dengan PT Djakarta Lloyd (Persero) untuk mendukung kerjasama pemasaran pelayanan jasa pemanduan di perairan Selat Malaka- Selat Singapura.

Kerjasama lainnya yang ditandatangani adalah penutupan asuransi aset dengan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) dan PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero), kerjasama program asuransi jiwa pegawai dengan PT Taspen (Persero), kerjasama dengan Supply Chain Financing (SCF) dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI).

Selanjutnya, kerjasama implementasi transaksi cashless dengan PT Bank Mandiri) Persero Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), dan PT Bank Central Asia (Persero) Tbk (BBCA), kerjasama dukungan publikasi dan dokumentasi dengan PT Balai Pustaka (Persero), Perum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara, dan Perum Produksi Film Negara, serta kerja sama pengelolaan rumah sakit dengan PT Pertamina Bina Medika.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas