Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Gara-gara Banting Setir, Nana Berpenghasilan 15 juta Rupiah Perbulan Dari Rumput Hias

Bisnis menjual tanaman hias khususnya rumput, kini tenah diminati dikalangan masyarakat. Omzet yang menggiurkan membuat sebagian orang ingin menggelut

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
zoom-in Gara-gara Banting Setir, Nana Berpenghasilan 15 juta Rupiah Perbulan Dari Rumput Hias
TRIBUNNEWS.COM

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Bisnis menjual tanaman hias khususnya rumput, kini tenah diminati dikalangan masyarakat. Omzet yang menggiurkan membuat sebagian orang ingin menggeluti usaha tersebut.

Salah satu yang memutuskan untuk 'banting setir' adalah Nana pria asal Depok, Jawa Barat. Pria berusia 45 tahun ini memutuskan untuk alih profesi dari sebelumnya pegawai salon menjadi petani rumput.

Hal tersebut ia geluti hampir 10 tahun belakangan ini dengan menggarap sebuah lahan selebar 700 meter persegi di Jl. Puri Bukit Depok, Bojong Gede, Depok, Jawa Barat.

Baca: Pemuda Muhammadiyah: KPK Dan Polri Harus Awasi Praktik Jual Beli Perahu Partai

"Dulu saya kerja sebagai pegawai di salon tahun 1994, terus berhenti tahun 2008. Terus terjun jadi petani rumput," kata Nana saat berbincang dengan Tribunnews, Senin (8/1/2018).

Profesi tersebut ia ambil setelah mendapat pengalaman saudaranya yang melihat bisnis jual-beli rumput hias semakin diminati masyarakat.

Selain itu, karena alasan perawatan rumput yang relatif mudah menjadikan alasan tersendiri buat Nana menggeluti usaha tersebut.

BERITA REKOMENDASI

"Perawatan rumput hias mudah. Asalkan iberi pupuk, disiram dan kena sinar matahari, rumput sudah tumbuh sendirinya," jelas Nana.

Nana juga bercerita bagaimana hasil usaha menanam dan menjual rumput hias ini semakin membuatnya semangat.

Baca: Pelatnas APG Akan Berlangsung di Solo

Pria yang tengah sibuk merapihkan bibit rumpit hias ini mengatakan bahwa penghasilannya perbulan bisa mencapai 15 juta rupiah perbulan.

Bahkan, apabila ada pesanan lebih, ia bisa mendapatakan 20 juta Rupiah perbulan.

"Alhamdulilah, perbulan biasa mendapatkan 15 juta perbulan tapi itu masih kotor. Belum dipotong beli pupuk, bibit dan perwatan," ucapnya.

Pasalnya, kata Nana, rumput yang ditanamnya terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari rumput Gajah, Rumput Gajah Mini Variegata, Rumput Jepang, Rumput Peking, dan Rumput Golf.

Selain itu, ia mengatakan harga dari masing-masing rumput juga relatif berbeda.

Untuk jenis rumput gajah, ia bandrol dengan harga 25 ribu Rupiah permeter. Sedangkan, Rumput Gajah Mini Variegata 30 ribu rupiah permeter dan Rumput Golf 35 ribu Rupiah permeter.

Nana juga menyebut bahwa pembelinya berdatangan mulai dari beberapa kalangan yang membutuhakan rumput hias.

Bahkan, ia pernah mendapat pesanan rumput untuk persiapan Asian Games 2018 di Palembang.

"Yang beli disini banyak, mulai dari pengembang perumahan, perusahan kantoran, lapangan sepak bola, lapangan golf, dll," paparnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas