Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menilik Progres Pembangunan Tol di Jateng Jelang Arus Mudik 2018

Beberapa ruas tol yang dikunjungi Menpupera antara lain, Tol Semarang-Solo, ruas Salatiga hingga Solo, Pemalang-Batang, hingga Tol Batang-Semarang.

Penulis: Syahrizal Sidik
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Menilik Progres Pembangunan Tol di Jateng Jelang Arus Mudik 2018
TRIBUNNEWS.COM/SYAHRIZAL
Menteri PUPR saat peninjauan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Syahrizal Sidik

TRIBUNNEWS.COM, BATANG — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan ruas tol dari Jakarta hingga Surabaya bisa dilintasi saat mudik Lebaran tahun ini. Hal itu disampaikan Basuki saat meninjau langsung beberapa pekerjaan tol di Jawa Tengah.

Beberapa ruas tol yang dikunjungi Menpupera antara lain, Tol Semarang-Solo, ruas Salatiga hingga Solo, Pemalang-Batang, hingga Tol Batang-Semarang.

“Kita harapkan akhir 2018 sudah semua sampai Surabaya operasional, tapi untuk mudik, itu fungsional sampai Surabaya," kata Basuki saat ditemui di Kali Kuto, Batang, Jawa Tengah, Rabu (7/3/2018).

Saat ini pengerjaan konstruksi Tol Batang-Semarang sudah sekitar 69 persen. Basuki menyebut sebagian ruas tol tersebut sudah dibeton sehingga bisa difungsikan untuk keperluan mudik.

Baca: Bayi yang Diletakkan di Depan Rumah Putu Alit Diduga Dibuang Mantan Pacarnya

Namun demikian, pada ruas tol Batang-Semarang yang perlu mendapat perhatian kata dia ialah pembangunan Jembatan Kali Kuto di Batang.

BERITA TERKAIT

“Kalau ini bisa kita manfaatkan sampai Semarang berarti keluarnya di Krapyak. Kalau tahun lalu di Grinsing, di tahun ini bisa langsung ke Krapkyak kalau Kali Kuto bisa kita selesaikan,” tegasnya.

Sekadar diketahui, ruas tol Semarang-Solo memiliki panjang 72,64 km dengan 5 seksi. Seksi I sampai III telah beroperasi. Sedangkan, ruas tol Pemalang-Batang panjangnya 39,20 km dengan 2 seksi. Sementara itu ruas tol Batang-Semarang panjang 75 km memiliki 5 seksi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas