Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

PGN Berpotensi Tambah Target Pasar setelah Bergabung dalam Holding

Harga saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) alias PGN cenderung meroket sejak rencana holding migas menuai kesepakatan.

PGN Berpotensi Tambah Target Pasar setelah Bergabung dalam Holding
dok PGN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Harga saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) alias PGN cenderung meroket sejak rencana holding migas menuai kesepakatan.

Yang teranyar, PGAS mengalihkan 13,8 miliar saham seri B ke Pertamina. Dengan begitu, Pertamina memegang saham PGAS sebesar 56,98%. Sedangkan, publik memiliki 43,04%.

Berdasarkan RTI, harga saham PGAS secara year to date (ytd) naik 38,29%. Per Selasa (13/3) harga saham PGAS turun 3,97% ke level Rp 2.420 per saham.

Baca: Hari Ini, Pejabat Bakamla Hadapi Putusan Hakim

William Surya Wijaya, Vice President Research Department Indosurya Bersinar Sekuritas mengatakan, terlalu dini untuk memperhitungkan keuntungan yang bisa investor dapatkan dari PGAS setelah bergabung ke holding migas. Namun, menurutnya, bergabungnya PGAS ke Pertamina merupakan win win solution bagi kedua belah pihak.

"Masih banyak langkah kerja sama yang dilakukan PGAS dengan Pertamina setelah PGAS menyetujui untuk meger," kata William, Selasa (13/3).

Baca: Rayakan Pi Day, NASA Buat Teka Teki Pi in The Sky

Senada, Reza Priyambada, analis Binaartha Parama Sekuritas mengatakan, hingga saat ini belum ada keputusan dari Pertamina mengenai arah bisnis dan strategi PGAS.

"Saat ini investor masih wait and see mengenai arah bisnis PGAS dari Pertamina, apakah akan ada strategi dan target baru atau PGAS hanya akan berjalan apa adanya," kata Reza, Selasa (12/3).

Namun, menurutnya, PGAS berpotensi menambah jalur distribusi gas setelah masuk ke holding migas. "PGAS bisa manfaatkan jalur distribusi Pertagas," kata Reza.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Sanusi
Sumber: Kontan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas