Tribun Bisnis

Pertamina Lubricants Ekspor Perdana Lube Base Oil ke China

Pertamina Lubricants melakukan ekspor perdana Lube Base Oil (LBO) Brightstock 150 (BS) melalui TBBM Kabil (Kawasan Bilateral) Batam.

Editor: Sanusi
zoom-in Pertamina Lubricants Ekspor Perdana Lube Base Oil ke China
ist

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina Lubricants melakukan ekspor perdana Lube Base Oil (LBO) Brightstock 150 (BS) melalui TBBM Kabil (Kawasan Bilateral) Batam.

Dalam ekspor ini, Pertamina Lubricants akan mengirimkan lebih dari 6,000 MT LBO BS 150 kepada PT PetroChina International (H.K) Co., Ltd dengan tujuan Taichan Port, China.

Direktur Utama Pertamina Lubricants Afandi mengatakan, perusahaan terus berkomitmen untuk mengoptimalkan kemampuannya untuk bersaing di pasar internasional khususnya di Asia. Pengiriman ekspor LBO BS150 sebelumnya di lakukan dari Refinery (RU) IV Cilacap sebelum ditentukan di TBBM Kabil, Batam.

Hal tersebut dikarenakan Kabil Batam memiliki kapasitas penyimpanan stock yang lebih besar, Port Restriction yang lebih Customer-Friendly seperti melakukan ekspor dengan bulk/vessel dan kemampuan untuk mengakomodir spek Kapal yang lebih besar seperti Kapal jenis Ocean Going dan Mother Vessel.

Aktivitas trading LBO PT Pertamina Lubricants ini menambahkan volume perdagangan ekspor melalui Batam, meningkatkan traffic kapal tanker di perairan Batam, dan memaksimalkan infrastruktur di Batam, serta dapat memobilisasi anak perusahaan Pertamina lainnya dan bisnis-bisnis lokal di Batam.

"Kegiatan Trading LBO di Batam ini merupakan sinergi antara Pertamina Lubricants dan PT Pertamina Patra Niaga serta bekerjasama dengan BP Batam dalam hal infrastruktur pelabuhan dan tank-farm Kabil Batam," ujar Afandi, dalam keterangan tertulis, Jumat (25/5/2018).

Pertamina Lubricants berkomitmen dan berupaya untuk merealisasikan visi bisnisnya di semua lini, termasuk meningkatkan kapasitas trading LBO di pasar regional dan internasional.

Kedepannya, Pertamina Lubricants akan terus memaksimalkan penjualan dan ekspor melalui TBBM kabil ini, diantaranya penjualan melalui flexy bag, partai kecil (retail), dan IBC hasil blending dan hasil trading, hal ini sesuai dengan strategi yg dimiliki oleh divisi overseas PT Pertamina Lubricats yaitu LBO Kabil 5.0.

“Ekspor perdana ini menandakan komitmen kami dalam pengelolahan Lube Base Oil ke pasar internasional dengan skala dan volume yang lebih besar serta jarak yang lebih jauh namun dengan biaya yang menjadi lebih efisien sehingga bisa lebih kompetitif di pasar ekspor," katanya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas