Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Mengagetkan! Penjarahan Uang Digital di Seluruh Dunia Mencapai 1,2 Miliar Dolar

Data Anti-Phishing Working Group yang dirilis, Kamis (24/5/2018) menunjukkan, pencurian uang kripto sejak awal 2017 mencapai US$ 1,2 miliar dolar.

Mengagetkan! Penjarahan Uang Digital di Seluruh Dunia Mencapai 1,2 Miliar Dolar
RUBLIX
Data Anti-Phishing Working Group (APWG) yang dirilis, Kamis (24/5/2018) pekan lalu menunjukkan, pencurian uang kripto sejak awal tahun 2017 mencapai US$ 1,2 miliar. 

Laporan Reporter Kontan, Avanty Nurdiana 

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA - Tak salah jika ada pendapat, menyimpan uang kripto dianggap berisiko tinggi.

Data Anti-Phishing Working Group (APWG) yang dirilis, Kamis (24/5/2018) pekan lalu menunjukkan, pencurian uang kripto sejak awal tahun 2017 mencapai US$ 1,2 miliar. 

Perkiraan tersebut bagian dari penelitian kelompok nirlaba tentang cryptocurrency dan sudah termasuk pencurian uang kripto yang dilaporkan.

Maraknya pencurian uang digital sejalan dengan popularitas mata uang kripto seperti bitcoin yang mencorong di tahun lalu.

Penelitian itu juga menunjukkan mata uang kripto jumlahnya lebih dari 1.500 banyak beredar di wilayah yang tidak diatur oleh regulator.

"Satu masalah yang kami lihat selain aktivitas kriminal seperti perdagangan narkoba dan pencucian uang menggunakan cryptocurrency, juga  pencurian token digital oleh orang-orang jahat," ujar Dave Jevans, Kepala Eksekutif CipherTrace, sebuah firma keamanan cryptocurrency kepada Reuters.

Dave sehari-hari juga menjabat Chairman APWG.

Baca: Enam Fakta Bocah SMP yang Curi 10 Koper Penumpang dan Lima Kali Mengecoh Petugas Bandara Soetta

Jevans memperkirakan, dari US$ 1,2 miliar uang kripto yang dicuri itu, hanya sekitar 20%-nya yang telah ditangani oleh lembaga penegak hukum.

Namun investigasi tentang aktivitas kriminal atas uang kripto itu tidak mengalami kemajuan karena berlakunya beleid perlindungan data umum alias general data protection regulation (GDPR) di Uni Eropa. Aturan ini mulai berlaku sejak 25 Mei 2018.

uang digital, uang kripto
Data Anti-Phishing Working Group (APWG) yang dirilis, Kamis (24/5/2018) pekan lalu menunjukkan, pencurian uang kripto sejak awal tahun 2017 mencapai US$ 1,2 miliar.
Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas