Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Ini Dia Beragam Fasilitas yang Hadir di Kereta Sleeper

Karena menempel dalam rangkaian Argo Bromo Anggrek maka rute stasiun yang dilalui kereta sleeper mengikuti rute stasiun Argo Bromo Anggrek.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Ini Dia Beragam Fasilitas yang Hadir di Kereta Sleeper
TRIBUNNEWS/GITA IRAWAN
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro di acara pemberangkatan perdana kereta sleeper dari Stasiun Gambir tujuan Surabaya Pasar Turi, Selasa (12/6/2018) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di musim mudik Idul Fitri tahun 2018 ini PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) meluncurkan layanan kereta api sleeper, Selasa (12/6/2018).

Ini adalah kereta api dengan pelayanan kabin paling maksimal di antara seluruh pelayanan yang ditawarkan PT KAI yang seterusnya akan dioperasikan melayani masyarakat.

Kereta sleeper
Indah, penumpang kereta sleeper di pemberangkatan perdana kereta sleeper dari Stasiun Gambir tujuan Surabaya Pasar Turi, Selasa (12/6/2018)

Kereta ini diproduksi PT Industri Kereta Api (INKA) dengan kapasitas hanya18 penumpang per kabin dengan tiket promo Rp 900 ribu sekali jalan.

Harga promo tersebut rencananya akan diterapkan selama sebulan percobaan untuk mengetahui animo masyarakat terlebih dahulu.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro menyatakan harga tiket promo sejumlah Rp 900 ribu nantinya dapat turun dan naik tergantung animo masyarakat.

"Secara prinsip animo masyarakat itu seperti apa dulu. Karena dari situ bisa diturunkan tarif yang paling pantas untuk ini," kata Edi usai melepas keberangkatan perdana gerbong sleeper dari Stasiun Gambir menuju stasiun Surabaya Pasarturi di stasiuj Gambir Jakarta Pusat pada Selasa (12/6/2018).

BERITA TERKAIT

PT KAI sendiri tidak memasang target muluk-muluk. Ke depannya akan menambah jumlah gerbong yang ada sekarang jika memang selama sebulan percobaan terbukti banyak masyarakat yang puas dengan layanan kereta sleeper.

"Ini kita akan tes market (pasar) apakah memang masyarakat menghendaki ini, kalau memang permintaannya banyak maka bisa ditambah," kata Edi di Stasiun Gambir Jakarta Pusat pada Selasa (12/6/2018).

PT KAI baru menyediakan dua rute perjalanan kereta sleeper tersebut yaitu Stasiun Surabaya Pasarturi ke Stasiun Gambir yang berangkat pada pukul 09.30 WIB dan 18.30 WIB. Serta Stasiun Gambir ke Stasiun Pasarturi yang berangkat pukul 08.00 WIB dan 21.30 WIB.

Baca: Mulai Padat, Contra Flow Mulai Diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek KM 35 Hingga KM 47

Setiap hari terdapat empat unit kabin kereta sleeper yang masing-masing dioperasikan dalam rangkaian Argo Bromo Anggrek. Dibutuhkan waktu sekitar sembilan jam untuk mencapai tujuannya masing-masing.

Karena menempel dalam rangkaian Argo Bromo Anggrek maka rute stasiun yang dilalui kereta sleeper mengikuti rute stasiun Argo Bromo Anggrek.

Kereta sleeper berisi 18 kursi dengan formasi 1-1 yang disusun menjadi dua baris. Tiap baris terdiri dari sembilan kursi yang disusun menyerong.

Antara kursi pada barisan sebelah kanan dan kiri di susun berlawanan arah sehingga penumpang di baris kanan akan kesulitan untuk melihat aktifitas penumpang di kursi barisana sebelah kiri.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas