Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Daftar Hobi yang Bisa Menjadi Ladang Uang di Zaman Sekarang

Bisa menghasilkan uang dari usaha sendiri merupakan sebuah hal yang menyenangkan. Apalagi jika pekerjaan yang ditekuni memang disukai.

Editor: Content Writer

Bisa menghasilkan uang dari usaha sendiri merupakan sebuah hal yang menyenangkan. Apalagi jika pekerjaan yang ditekuni memang disukai.

Selain bisa bekerja dengan sepenuh hati, menjalankan pekerjaan sesuai hobi akan terasa lebih mudah karena setiap momen yang terjadi bisa kamu nikmati.

Sayangnya, banyak orang yang tidak melihat potensi dari hobi mereka, dan hanya menjalankan hobi semata-mata untuk mengisi waktu luang saja. Padahal ada beberapa hobi yang bisa menjadi ladang pendapatan jika ditekuni dengan sungguh-sungguh. Bagi kamu yang memiliki hobi berikut ini, tak ada salahnya untuk mencoba mengembangkannya menjadi sebuah profesi.

Hobi menulis

Kamu gemar menuangkan isi pikiran atau sekadar menceritakan aktivitasmu ke dalam tulisan? Jika demikian, mulailah untuk geluti hobimu tersebut dengan lebih serius. Pesatnya perkembangan teknologi zaman sekarang membuat permintaan akan sumber informasi semakin meningkat, sehingga jasa penulis pun semakin dibutuhkan.

Kamu bisa mulai dengan menjadi kontributor, dan menulis tema yang kamu sukai di media online yang menyediakan platform gratis bagi siapapun untuk menulis di sana. Beberapa media biasanya memberikan honor bagi kontributor yang mampu mendatangkan banyak pengunjung ke website tersebut. Honornya pun bisa dibilang cukup lumayan, kamu bisa mendapatkan Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu untuk setiap artikel.  

Hobi belanja

BERITA REKOMENDASI

Siapa bilang hobi belanja cuma buang-buang uang? Bisnis berbasis online kini kian beragam, seperti bisnis jasa titip salah satunya.  Cara kerjanya mudah, kamu tinggal membelikan barang yang dititip, lalu konsumen akan memberikan bayaran jasa.

Ongkos jasanya akan tergantung dari jenis barang yang dititip. Semakin langka dan semakin besar ukuran barang tersebut, tentu akan semakin mahal biaya penitipannya.

Misalnya untuk barang seperti kosmetik luar negeri, jasa penitipannya mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu per barang. Untuk memulai bisnis jasa titip, modalnya sangat sederhana, kamu hanya butuh sebuah smartphone, foto produk yang menarik, dan tentunya kepercayaan dari calon konsumen.

Hobi fotografi

Bagi kamu yang punya hobi fotografi, jangan hanya menyimpan koleksi fotomu sebagai dokumen pribadi saja. Mulai bagikan karyamu melalui media sosial, dan bangun portofolio dari sana. Dengan begitu, orang-orang pun bisa melihat dan menilai hasil karyamu.

Setelah itu, lihat peluang yang ada. Kamu bisa menjual hasil fotomu di situs fotografi yang memberikan sejumlah uang kepada pengunggah foto seperti Shutterstock, iStockphoto, Alamy, dan masih banyak lagi. Situs-situs tersebut menawarkan komisi mulai dari 20 hingga 60 persen untuk setiap foto, tergantung harga jual foto tersebut.

Itu dia beberapa hobi yang bisa menjadi ladang uang di zaman sekarang. Tentunya kamu harus pintar melihat peluang yang ada dan memaksimalkan hobimu tersebut. Selain itu, kamu juga membutuhkan sejumlah peralatan untuk menunjang hobimu. Misalnya selama ini kamu hanya menggunakan smartphone untuk menjalani hobi fotografimu. Ketika kamu mau menekuni hobi tersebut dan menjadikannya profesi, kamu bisa membeli sebuah kamera supaya makin terlihat profesional.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas