Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Konglomerat Dato Sri Tahir Tukar Dolar Senilai Rp 2 Triliun Pakai Uang Pribadi

Dato Sri Tahir hari ini menukarkan dolar Amerika Serikat dan dolar Singapura ke Rupiah senilai Rp 2 triliun di Bank Indonesia

Penulis: Syahrizal Sidik
Editor: Sanusi
zoom-in Konglomerat Dato Sri Tahir Tukar Dolar Senilai Rp 2 Triliun Pakai Uang Pribadi
Syahrizal
Dato Sri Tahir adalah pengusaha yang masuk daftar orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes 2017. Kekayaan bersih Dato Tahir saat ini mencapai 3,8 miliar dolar Amerika Serikat. Selain menjadi pemilik Bank Mayapada, melalui Tahir Foundation, Tahir juga dikenal dengan aksi filantropinya. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengusaha Dato Sri Tahir hari ini menukarkan dolar Amerika Serikat dan dolar Singapura ke Rupiah senilai Rp 2 triliun di Bank Indonesia. Uang yang ditukarkan Tahir ini murni milik pribadi, bukan uang milik perusahaan.

Mengenakan batik berwarna kuning dengan corak coklat, Thahir menemui langsung Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo untuk melaporkan langsung langkah inisiatifnya menukar dolar ke Rupiah.

Baca: Konglomerat Dato Sri Tahir Tukarkan Dolar ke Rupiah Senilai Rp 2 Triliun

“Total kIta telah gantikan dolar 93 juta dolar AS plus 55 juta dolar Singapura ini (pakai uang) pribadi tidak terkait dengan korporasi,” kata Dato Sri Tahir, di Kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Senin (15/10/2018).

Pengusaha kelahiran Surabaya 66 tahun silam ini menuturkan, nantinya dana yang sudah ditukarkan ke Rupiah tersebut bakal disetorkan ke Bank Mayapada sebagai modal, tidak untuk diinvestasikan ke saham. Sebab, secara bisnis Bank Mayapada seluruhnya menggunakan denominasi Rupiah.

“Uangnya disetorkan ke Mayapada sebagai modal, untuk memperkuat permodalan perbankan, tidak masuk ke saham,” ujarnya.

Dato Sri Tahir mengungkapkan, motivasinya untuk menukarkan dolar ke Rupiah untuk membantu penguatan Rupiah yang saat ini sudah terdepresiasi 12,30 persen ke level Rp 15.230 per dolar AS.

Tahir juga mendorong agar pengusaha-pengusaha di dalam negeri yang masih menyimpan uangnya dalam dolar di Singapura juga melakukan hal yang sama seperti dirinya.

BERITA TERKAIT

Ia pun menilai, kondisi fundamental ekonomi dalam negeri masih relatif baik, sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

“Kita harapkan pengusaha-pengusaha yang lain (tukar dolarnya), saya rasa masih banyak pengusaha yang punya uang di Singapura. Tidak perlu khawatir dengan ekonomi Indonesia,” ungkapnya.

Mengingatkan saja, Dato Sri Tahir adalah pengusaha yang masuk daftar orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes 2017. Kekayaan bersih Dato Tahir saat ini mencapai 3,8 miliar dolar Amerika Serikat. Selain menjadi pemilik Bank Mayapada, melalui Tahir Foundation, Tahir juga dikenal dengan aksi filantropinya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas