Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bank Sentral Eropa Luncurkan Sistem Pembayaran Baru untuk Redam Ekspansi PayPal

Namun, sejauh ini tercatat hanya delapan bank menengah dan kecil dari Spanyol, Jerman dan Perancis yang sudah mendaftar ke sistem tersebut.

Bank Sentral Eropa Luncurkan Sistem Pembayaran Baru untuk Redam Ekspansi PayPal
IST
Ilustrasi 

Laporan Reporter Kontan, Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) pada Jumat (30/11/2018) lalu meluncurkan sistem baru yang bertujuan untuk memudahkan bank menyelesaikan pembayaran secara instan di seluruh Eropa.

Lewat cara ini, ECB menilai bank dapat bersaing dengan perusahaan pembayaran PayPal dan raksasa teknologi digital di pasar global lainnya.

Mengutip Reuters, sistem ini dikembangkan dalam waktu lebih dari satu tahun.

Sistem yang bertajuk TARGET Instant Payment Settlement (TIPS) ini bakal memungkinkan setiap individu maupun perusahaan di Eropa mentransfer uang dalam bentuk Euro dalam hitungan detik, terlepas dari jam buka bank lokal mereka

Hal ini dilakukan ECB, lantaran sejumlah perusahaan besar Amerika Serikat seperti PayPal, Google, Facebook dan Amazon ditambah perusahaan China seperti Alibaba dan Tencent ini tengah mendominasi layanan pembayaran instan di Eropa.

Fakta tersebut tentu membuat para regulator di Eropa khawatir, apalagi sebelumnya sempat ramai serangkaian serangan siber pada infrastruktur keuangan. Ditambah kerasnya hubungan diplomatis Eropa dengan Presiden AS Donald Trump.

Namun, sejauh ini tercatat hanya delapan bank menengah dan kecil dari Spanyol, Jerman dan Perancis yang sudah mendaftar ke sistem tersebut.

"Kami perlu mengatasi belum tertariknya pemain utama Eropa di pasar pembayaran," kata Direktur ECB Yves Mersch yang mengumumkan peluncuran TIPS di Frascati, Italia.

Baca: All New Wrangler Resmi Dijual di Indonesia, Pemasarannya Ditangani Distributor Baru

Ia menegaskan, apabila yang menjadi masalah adalah dari sisi kapasitas investasi, maka Bank Sentral tidak perlu menghindar untuk menggali dan mencari sumber daya dan volume untuk menciptakan pemain yang lebih besar.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas