Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PT Transcoal Pacific Tbk Beli Mother Vessel Bernama MV Aquarius Ocean

Bulan Januari 2019, TCPI masih merencanakan untuk membeli Mother Vessel dan Floating Crane masing-masing 1 unit

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in PT Transcoal Pacific Tbk Beli Mother Vessel Bernama MV Aquarius Ocean
istimewa
PT Transcoal Pacific Tbk melalui anak usahanya, PT Sentra Makmur Lines telah membeli satu unit Mother Vessel yang bernama MV Aquarius Ocean berbendera Singapura di akhir November 2018 yang lalu. Mother Vessel yang memiliki kelas Nippon Kaiji Kyokai memiliki GRT (Gross Register Tonnage) dan NRT (Net Register Tonnage) masing-masing 30.014 ton dan 18.486 ton 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Transcoal Pacific Tbk melalui anak usahanya, PT Sentra Makmur Lines telah membeli satu unit Mother Vessel yang bernama MV Aquarius Ocean berbendera Singapura di akhir November 2018 yang lalu.

Mother Vessel yang memiliki kelas Nippon Kaiji Kyokai memiliki GRT (Gross Register Tonnage) dan NRT (Net Register Tonnage) masing-masing 30.014 ton dan 18.486 ton.

Pembelian Mother Vessel ini bertujuan untuk memperkuat armada yang dibutuhkan oleh TCPI dalam melaksanakan pekerjaan di masa yang akan datang," kata  Direktur Utama TCPI, 
Dirc Richard Talumewo di Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Dengan volume pekerjaan sebagaimana disebut di bawah ini, PT Transcoal Pacific Tbk perlu mengoperasikan 22 set tug & barges dan 3 floating crane untuk kegiatan transshipment, 125 tug and barges dan 11 mother vessel  untuk kegiatan long hauling batubara, dan 2 mother vessel untuk kegiatan pengangkutan bijih nikel di Sulawesi.

"Bulan Januari 2019, TCPI masih merencanakan untuk membeli Mother Vessel  dan Floating Crane masing-masing 1 unit," katanya.

Berdasarkan kontrak-kontrak yang ada saat ini, volume pekerjaan TCPI untuk pengangkutan batubara  adalah 42 juta MT per tahun masing-masing  untuk pekerjaan transshipment  adalah sebesar 24 juta MT per tahun dengan nilai kontrak sampai dengan tahun 2021 adalah Rp 3 triliun dan untuk pekerjaan long hauling sebesar 18 juta MT per tahun dengan nilai kontrak sampai dengan tahun 2027 adalah sebesar Rp 13,3 triliun.

Juga untuk pengangkutan bijih nikel sebesar 1,1 juta MT per tahun dengan nilai kontrak sampai dengan tahun 2023 adalah Rp 570 miliar.

BERITA REKOMENDASI

Berdasarkan kontrak-kontrak tersebut di atas, pendapatan TCPI diharapkan akan meningkat secara signifikan yang akan mencapai kurang lebih Rp 3 triliun per tahun.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas