Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Nabung di Celengan Plastik, Uang Keras Rp 12 Juta Milik Wanita Ini Dimakan Rayap

Dua wanita tersebut terlihat merapikan sejumlah uang kertas rusak di mobil penukaran uang di halaman Keraton Kacirebonan.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Nabung di Celengan Plastik, Uang Keras Rp 12 Juta Milik Wanita Ini Dimakan Rayap
Kompas.com
Dua orang wanita tampak sedang merapihkan dan menukarkan sejumlah uang kertas rusak 

TRIBUNNEWS.COM, CIREBON - Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Cirebon menerima penukaran uang kertas rusak dari dua wanita pada Senin (29/4/2019), senilai Rp 6 juta dari total Rp 12 juta yang mereka miliki.

Dua wanita tersebut terlihat merapikan sejumlah uang kertas rusak di mobil penukaran uang di halaman Keraton Kacirebonan.

Uang kertas tersebut memiliki pecahan beragam dari Rp 100.000 hingga pecahan Rp 5.000.

Sayangnya, mereka enggan diwawancarai terkait asal uang tersebut dan penyebab kerusakan uang yang mereka tukarkan,

Ali Sobri, kasir mobil penukaran uang Bank Indonesia menjelaskan dua wanita tersebut hendak menukarkan uangnya yang rusaknya senilai Rp 12 juta.

Pemilik uang sempat mengaku kepada petugas bahwa uang tersebut hasil dari menabung yang rencananya digunakan untuk biaya sekolah.

Baca: Siapkan Uang Rupiah Jelan Ramadan, Bank Indonesia Imbau Warga Tukar Uang ke Tempat Penukaran Resmi

“Katanya untuk biaya sekolah. Dikumpul-kumpulin, mencelengi terus bertahun-tahun. Uang rusak dari berbagai pecahan dari Rp 100.000 sampai Rp 5.000. Rusak karena rayap. Dia naruh di celengan plastik sampai sekitar Rp 12 juta-an,” kata Ali Sobri.

BERITA REKOMENDASI

Ali Sobri menjelaskan, pihak BI baru menerima Rp. 6.880.000, karena sisa uang kertas rusak lainnya masih tercecer dan harus dirapikan terlebih dahulu.

Kemudian, pihak BI akan memeriksa ulang apakah uang tersebut layak diganti atau tidak. Menurutnya, ada dua hal yang harus dipenuhi pemilik uang jika hendak menukarkan uang kertas rusak.

Pertama, uang kertas rusak dapat ditukar apabila kerusakan hanya terjadi 2/3 dari total fisik asli.

Kedua, seluruh nomor seri uang harus lengkap tidak ada yang rusak. Apabila dua unsur tersebut terpenuhi, maka proses penukaran uang dapat diproses.

Mobil penukaran uang merupakan salah satu layanan Bank Indonesia dalam kegiatan Mini Ekspo UMKM Wisausaha Bank Indonesia pada Senin (29/4/2019).

BI kerjasama dengan pemerintah daerah Kota Cirebon serta pihak swasta lainnya menggelar pasar murah, sebagai upaya untuk mengendalikan harga pokok masyarakat menjelang bulan puasa akhir April 2019 lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tahun Nabung di Dalam Celengan, Uang Kertas Rp 12 Juta Milik Perempuan ini Rusak" 

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas